“ASIDEWI JAVA – SUMATERA OVERLAND 2022” TAHAP 2 KEMBALI DI GELAR

0 348

Pilar Cakrawala ~Jakarta|ASIDEWI (Asosiasi Desa Wisata Indonesia) kembali menyelenggarakan perjalanan bertajuk “ASIDEWI Java-Sumatera Overland 2022 tahap ke 2” yang merupakan implementasi dari program Asidewi Social Responsibility.

Setelah sukses “ASIDEWI Java-Sumatera Overland 2022‘ tahap 1 pada pada tanggal 6 – 28 Mei 2022 lalu di mana perjalanan tahap 1 Asidewi telah menyambangi beberapa Desa Wisata di Pulau Jawa dan Sumatera. Perjalanan dimulai dari ujung timur pulau Jawa, yakni Kabupaten Banyuwangi dan finis di Kabupaten Lampung Barat yang berada di pulau Sumatera.

Dalam perjalanan ini tahap ke 2 ini ASIDEWI akan menyambangi beberapa Desa Wisata di Pulau Jawa dan Sumatera. Perjalanan dimulai pada tanggal 6-28 Agustus 2022 dari timur pulau Jawa Kabupaten Probolinggo dan finish di Kabupaten Lampung Barat pulau Sumatera.

Pada tahap ke 2 ini , ASIDEWI akan selenggarakan kegiatan Pelatihan SDM di masing-masing Desa yang dikunjungi, Tim Asidewi juga melakukan kegiatan formal bersama Dinas pemuda, olah raga dan Pariwisata Kota Probolinggo bersama Pelaku Desa / kampung Wisata se Kota Probolinggo .

Sementara di Provinsi Lampung, Tim Asidewi melakukan kegiatan *Sekolah Penggerak Wisata* yang diikuti oleh Pelaku Desa Wisata bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata di beberapa desa di Lampung Barat, kegiatan dilakukan selama 3 hari penuh di setiap desa.

Materi Pelatihan SDM Desa Wisata pada kegiatan ini meliputi:
1. Pemetaan Partisipatif Potensi Sumber Daya Desa
2. Penguatan Kelembagaan Desa Wisata
3. Pemahaman dan Implementasi Sapta Pesona
4. Kepemanduan dan Storytelling Desa Wisata
5. Pengembangan Homestay
6. Digitalisasi Desa, Branding dan Pemasaran Desa Wisata
7. Navigasi darat dan kepemanduan wisata Gunung hutan
9. Simulasi penanggulangan bencana ( PPGD )
10. Penyusunan paket desa wisata

Adapun tujuan dari perjalanan kali ini adalah untuk menyemangati kembali pelaku desa wisata untuk kembali menggerakkan kegiatan pariwisata pasca pandemi sebagai pendorong pemulihan ekonomi nasional. Sementara kegiatan *Sekolah Penggerak Wisata* bertujuan memberikan pendidikan dan pemahaman bagi Pengelola Desa Wisata dan warga desa agar mampu mengembangkan potensi desanya sebagai pendorong ekonomi dan peningkatan kesejahteraan melalui sektor pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif.

Dalam keterangan Persnya saat jurnalis Pilar Cakrawala.new mewawancarai by phone (14/08/2022) Andi Yuwono Ketua Umum ASIDEWI, mengungkapkan, “Kami sangat mengapresiasi Disporapar Kab. Lampung Barat yang telah menfasilitasi kegiatan Sekolah Penggerak Wisata yang dilaksanakan di beberapa Desa di Lampung Barat ini, sehingga seluruh perwakilan kelompok masyarakat desa bisa mengikuti kegiatan dengan maksimal,”Ucapnya.

Dan besok Senin ( 15/08/2022) Tim Asidewi juga akan di undang sebagai narasumber di salah forum bergengsi di Jakarta Convention Center dalam tajuk INDONESIAN TOURISM AND BUSSINES EVENT FORUM yang diadakan oleh Kemenparekraf RI.

Andi Yuwono juga menjelaskan,” Desa yang kami dikunjungi di PULAU JAWA meliputi, Banyuwangi (Ekowisata Bedul, Djawatan, Songgon, Tamansari, Watudodol), Lumajang (Pronojiwo, Oro-oro Ombo), Jember (Ajung), Situbondo (Kampung Blekok), Probolinggo (Jati Kampung Seni, Pantai Permata Pilang) Sidoarjo (Desa Budaya Wage), Jombang (Wisata Religi Tambakberas), Madiun (Kampung Budaya Dongkrek), Pekalongan (Kampung Batik Petukangan), Tangerang (Kampung Kreatif Balaraja),”Jelasnya.

“Sementara di PULAU SUMATERA, kami akan mengunjungi, Kota Bandar Lampung, Lampung Barat (desa Bahway Kecamatan Balik Bukit untuk pendakian ke Puncak Gunung Pesagi 2.192 mdpl yang merupakan puncak tertinggi di Propinsi Lampung, desa Sukaraja dan desa Mutar Alam Kecamatan Way Tenong), desa Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam, desa Suka Jaya Kecamatan Sumber Jaya untuk melakukang pengarungan Sungai Way Besay dengan gugusan jeram jeram yang menantang,”Tambahnya.

Dalam etape 2 Asidewi Java Sumatera Overland kali ini, tim berkolaborasi dengan para pihak diantaranya DJALADRI INDONESIA, Navigator Indonesia, I-Deru, dan Akademi Sinau Bareng juga kolaborasi dengan Forum Pokdarwis Se Lampung Barat dan Dinas Pariwisata dan instansi terkait.(As.Red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.