MENGHADAPI WACANA KEBIJAKAN BARU KRIS, PERSI DAERAH BALI GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN STRATEGI MANAJEMEN MUTU DAN FASILITAS RS

0 225

Pilar Cakrawala Denpasar, Bali|Dalam menyikapi wacana kebijakan baru pemerintah Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) yang sekiranya akan di berlakukan pemerintah pada awal tahun 2023, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Daerah Bali menggelar workshop online pada Kamis-Jum’at (21-22/04/2022).

Workshop online di gelar di Harris Hotel & Convention Jl. Cokroaminoto No.23-25 Pemecutan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara Kota Denpasar Bali mengambil tema Penyusunan strategi manajemen mutu dan fasilitas pelayanan Rumah Sakit dalam menghadapi transformasi pelayanan JKN dan kebijakan kelas rawat inap standar (KRIS).

Workshop online ini dibuka oleh Ketua PERSI Daerah Bali dr. I Gusti Agung Ngurah Anom, MARS., dalam sambutannya dr. Anom menyampaikan, “Topik pada workshop kali ini sangat penting.” ucapnya.

” ini merupakan amanah dari undang undang cipta kerja dan juga permenkes no 14 tahun 2021 di mana kelas rawat inap 1, 2, 3 menjadi kelas rawat inap standard.” tuturnya

Menghadirkan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D., Sp.THT-KL (K)., MARS.sebagai nara sumber, workshop ini menjadi sangat menarik dan di ikuti 530 peserta online dari Rumah Sakit di seluruh Indonesia.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Republik Indonesia Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, MSc., Ph.D sebagai narasumber yang mengupas gebrakan dan program kerja termutakhir BPJS Kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan berkualitas.

Selain itu beberapa narasumber yang turut membagikan ilmu Dan pengalamannya di antaranya Ketua Umum PERSI Pusat
dr. Bambang Wibowo, Sp. OG(K)., MARS., FISQua, Dewan Jaminan Sosial Nasional dr. Asih Eka Putri, MPPM, Praktisi Akuntansi yang mendalami manajemen keuangan pelayanan Rumah Sakit, Dewas RSBLU, pengurus IAI Drs.Windartoyo, AK., MM., MSi., CPA., CA.

Juga ada Ketua kompartemen mutu dan tata kelola klinis pengurus pusat PERSI Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS, FISQua., Tim JKN PERSI Daerah Bali dr. Ida Bagus Gede Suryantara, Kompartemen Litbang dan HTA PERSI Pus at Dr. dr. Lia Gardenia Partakusuma, Sp.PK(K)., MM., MARS., FAMM., Kompartemen mutu dan tata kelola klinis PP PERSI Costy Pandjaitan, CVRN., SKM., MARS., Ph.D dan sekretaris kompartemen diklat dan Litbang Dan surveior Akreditasi Rumah sakit Ns. Siti Komariah, S.Kel., MARS.

Narasumber nasumber hebat membahas tuntas dari langkah strategis dan kebijakan pemerintah menghadapi polemik pelayanan JKN kelas standar rawat inap melalui optimalisasi mutu Badan penyelenggara dan provider pelayanan kesehatan.

Mempertahankan mutu pelayanan dan asuhan pasien dalam menghadapi transformasi pelayanan JKN dan kebijakan kelas rawat inap standar juga kompleksitas pengelolaan fasilitas kesehatan sebagai dampak penerapan kebijakan kelas rawat inap standar (KRIS) berbasis manajemen resiko fasilitas berdasarkan PP no 47 tahun 2021 dan Permenkes no 14 tahun 2021 serta Standar Akreditasi Rumah sakit menjadi pokok bahasan yang menarik.

Workshop yang di gelar 2 hari ini begitu hidup di pandu Host bertalenta Dyta Marsya dengan menghadirkan kuis dengan menebak gambar destinasi wisata yang ada di pulau Bali yang berhadiah uang tunai.

Akhir acara, workshop online di tutup oleh Ketua PERSI Daerah Bali dr. I Gusti Agung Ngurah Anom, MARS., dengan ucapan
“Terima kasih dan Apresiasi setinggi-tingginya kepada para peserta , Narasumber dan juga panitia.” ucapnya

“Sangat banyak narasumber yang kita hadirkan , sehingga apa yang menjadi pertanyaan kita selama ini bisa terjawab Sudan, ketika kebijakan KRIS ini di berlakukan kita sudah siap.” pungkasnya.(As)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.