Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Secara Cepat & Tanggap Merespon Keluhan Warga Desa Medalem Yang Membutuhkan Bantuan

0 268

Sidoarjo~www.pilarcakrawala.news|Pemerintah Kabupaten Sidoarjo secara cepat dan tanggap merespon keluhan warga yang membutuhkan bantuan.Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH berkunjung ke rumah Jaimah (62), seorang janda warga Desa Medalem, Kecamatan Tulangan warga kurang mampu yang tinggal dirumah yang kondisinya sudah tidak layak huni.wakil Bupati Sidoarjo itu memberikan bantuan bedah rumah sekaligus bantuan sosial, Sabtu (7/1/2023).

Dalam Sidak ini Wabup H. Subandi di dampingi anggota DPRD Sidoarjo H. Riza Ali Faizin, Kepala Dinas Sosial Sidoarjo Ahmad Misbahul Munir, perwakilan Baznas Sidoarjo,Kepala Desa Medalem Santoso,pegawai SLRT Kecamatan Tulangan,Ketua umum Yayasan Sapu Jagat Nusantara Hj. Sri Setyo Pertiwi ,Ketua Yayasan Sapu Jagat Nusantara Sidoarjo Edi Susanto,

Dilokasi Wabup H. Subandi melihat langsung kondisi rumah Jaimah yang atap rumahnya hampir roboh karena usia. Wabup sempat berdialog dengan Ibu Jaimah yang tinggal bersama satu putrinya. Dikatakannya nantinya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Baznas Sidoarjo akan memberikan bantuan Program Bedah Rumah  sebesar Rp. 20 juta serta Bantuan Sosial dari Dinas Sosial dan pelayanan BPJS Kesehatan gratis satu keluarga.

“Kami Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus turun melihat kondisi warga yang membutuhkan dan memberikan bantuan bedah rumah sebesar 20 juta rupiah, bantuan sosial dari Dinsos maupun desa, serta jaminan kesehatan gratis untuk satu keluarga, sehingga nanti bila berobat bisa mudah,” katanya.

H. Subandi menjelaskan, program bedah rumah ini merupakan hasil dari kebersamaan dan gotong royong seluruh jajaran pemerintah daerah Kabupaten Sidoarjo dan Pemdes setempat. Program tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan hunian yang layak.

“Kita anggarkan ada dari APBN dan APBD tapi kita tidak menunggu dengan dana itu saja, nah ini ada dana dari Baznas Sidoarjo, kita budayakan gotong royong. Ini bantuan bedah rumah sebesar 20 juta rupiah untuk dapat digunakan dengan baik, semoga bantuan ini bermanfaat untuk ibu sekeluarga, kami dari pemerintah daerah khususnya akan terus berusaha, bagaimana mensejahterakan masyarakat Kabupaten Sidoarjo,” ungkap H. Subandi

Selain itu, menurut H. Subandi, program bedah rumah ini juga sekaligus upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Sidoarjo. Diungkapkannya secara global, capaian renovasi RTLH yang dilakukan di Kabupaten Sidoarjo pada 2022 ini sudah masif dengan membantu warga yang tidak mampu.

“kita bekerja sama dengan Baznas Sidoarjo, untuk bergerak bersama. Paralel dengan itu yang lain juga diberikan. Tentu saya tidak bisa menyerahkan sendiri semuanya, maka kita sambil datang ke tiap desa pada hari ini, ketemu Ibu Jaimah bisa memperbaiki rumahnya yang hampir roboh atapnya,” tandasnya.

Selain memberikan bantuan uang dan Sembako, wakil bupati juga mengajak semua stake holder untuk  memberikan bantua bagi warga yang kurang mampu sehingga bisa mendapatkan hidup yang layak  melalui Dinas Sosial, Basnaz juga beberapa instansi terkait.

Jaimah (62) warga yang menerima bantuan bedah rumah mengatakan merasa sangat bersyukur atas bantuan yang telah diberikan oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi beserta jajaran pemerintahan.

“Terima kasih bapak Wakil Bupati. Terimakasih atas bantuan bedah rumah yang telah diberikan kepada keluarga kami, Alhamdulillah saya beserta keluarga sangat bersyukur sekali, juga merasa sangat kagum karena mendapatkan perhatian yang luar biasa dari pemimpin daerah Kabupaten Sidoarjo,” kata Jaimah.

kepala Desa Medalem Santoso mengatakan, sangat berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati telah membantu warga Medalem mengenai huni rumah yang tidak layak dan sudah di cek dengan wakil Bupati H.Subandi,ucapnya.

Santoso menambahkan,”saya selalu memotivasi kepada seluruh warga Desa Medalem mengenai kesehatan atau rumah tidak layak huni segera melaporkan agar segera di tindak lanjuti oleh dinas terkait,”pungkasnya.(Akr/Bs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.