PERINGATAN HLUN WARGA RW 07 DESA MAGERSARI BERLANGSUNG MERIAH

0 285

Pilar Cakrawala ~Sidoarjo |Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) merupakan salah satu hari penting di Indonesia yang diperingati setiap 29 Mei sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia.

Minggu pagi (26/06/2022), warga RW. 07 kelurahan Magersari yang tergabung dalam Karang Werda Bimo Suci menggelar peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2022 dengan senam bersama, aneka lomba, bazaar dan juga pemeriksaan kesehatan.

Sejak pukul 06.00 WIB, ratusan lansia berkumpul di halaman balai pertemuan RW 07 perumahan Magersari Sidoarjo, keceriaan terpancar dari wajah para lansia untuk mengikuti rangkaian acara.

Dihadiri Ketua Komite Olah raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto,SH., MH, perwakilan dari kecamatan Sidoarjo, para perangkat kelurahan juga para ketua RT di wilayah RW 07 kelurahan Magersari.

Ketua Komite Olah raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto,SH., MH

Dalam sambutannya ketua KORMI Hadi Sutjipto, menyampaikan program Indonesia bugar, ” Indonesia mempunyai program Indonesia bugar, harapannya masyarakat Indonesia sehat dan bugar tahun 2045 bersamaan dengan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.” Tuturnya.

” Kami bertugas menggali olahraga masyarakat, kita gerakkan lagi olahraga tradisional seperti egrang, gobak sodor dll, sehingga masyarakat makin bugar.” Ujarnya.

Hadi Sutjipto juga merasa takjub akan keguyuban karang Werda, lansia di wilayah magersari, ” Masyarakat magersari luar biasa, guyub dan rukun, kita manusia lanjut usia harus tetap berolahraga agar tetap sehat, segar dan gembira.” Pesannya.

Di awali dengan senam gembira, ratusan lansia antusias mengikuti gerakan instruktur senam, meski usia tak lagi muda, tidak menghambat para lansia bergerak enerjik mengikuti irama musik dalam senam ini.

senam gembira, ratusan lansia antusias mengikuti gerakan instruktur senam

Pada kesempatan ini pula di lakukan pemeriksaan kesehatan gratis yang oleh tim medis dari Klinik Medika Keluarga Utama yang beralamat di Jl. Gajah Magersari No.18, Gajah Timur, Magersari Sidoarjo.

dr. Sentot dari Klinik Medika Keluarga Utama menyampaikan,” dari 2 juta penduduk Sidoarjo 10%nya adalah lansia, banyak lansia di RW 07 merupakan pasien saya, haru ini kami memberikan pemeriksaan kesehatan dan semuanya gratis.” Serunya, yang di sambut tepuk tangan para lansia.

Acarapun berlanjut dengan lomba fashion show ala lansia dengan tema keberagaman, puluhan lansia berlenggak lenggok dengan lincah dan cenderung lucu dengan tingkah para lansia dalam memperagakan busana daerah yang ada di Indonesia.

Aulianti Yulianingsih (63 ) warga RT 41 RW 07, salah satu peserta lomba dengan pakaian khas suku Dayak mengaku senang mengikuti acara ini, ” motivasi saya ,ingin lansia tetap semangat, sehat, kuat dan bahagia.” Ujarnya.

Sementara Ketua pelaksana Dian Saroni, SH, di dampingi ketua PKK RW 07 Nanik Tri Susilowati, dalam keterangan persnya menyampaikan,” misi kita ini mengapresiasi setinggi tingginya kepada para lansia supaya tetap semangat menghadapi hidup sehingga masa tuanya lebih bahagia.” Tuturnya

Menurut Dian ada 400 orang lansia di wilayah RW 07 yang terdiri dari 16 RT , 100 orang sudah tergabung dalam Karang Werda Bimo Suci Magersari. dengan agenda setiap sabtu berkegiatan senam bersama dan setiap minggu ke 3 ada posyandu lansia.

” Dengan adanya motivasi semacam ini, kami berharap para lansia itu bisa bergabung di sini.” Harapnya.

” Selain itu supaya lansia lebih produktif lebih sehat, lebih semangat sehingga menciptakan imun agar bisa berumur panjang yang berkah.” Imbuhnya.

Ketua PKK RW 07 Nanik menambahkan, ” Acara ini di selenggarakan juga merupakan ajang bagi para lansia untuk menyalurkan hobby dan bakatnya sesuai kemampuan.” Ujarnya.

Acara demi acara berlangsung dengan keceriaan dan senyuman bahagia dari para lansia di tutup dengan penyerahan hadiah lomba senam juga fashion show serta doorprize menarik.(As)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.