Seduluran Insan Seni dan Budaya (SISBI) Nguri-Nguri Budaya & Bakti Sosial di Desa Medalem

0 708

Pilar Cakrawala ~Sidoarjo|Yayasan Seduluran Insan Seni dan Budaya (SISBI) mengadakan Bakti Sosial di Desa Medalem kecamatan Tulangan,Sidoarjo.Selasa (27/9/2022).

Yayasan ini tidak hanya bergerak di bidang seni dan budaya tetapi juga bergerak di bidang sosial.

Dalam kesempatan ini Yayasan Seduluran Insan Seni dan Budaya (SISBI)berkunjung serta berkordinasi dengan kepala Desa Medalem dan diterima dengan baik dengan Santoso selaku Kepala Desa.

Keluarga Besar Yayasan Seduluran Insan Seni dan Budaya (SISBI) bersama Kepala Desa Medalem , Sidoarjo mengunjungi salah satu warganya Ibu Sianah warga desa Medalem kecamatan Tulangan, kabupaten Sidoarjo.Ibu Sianah merupakan seorang janda yang tidak mampu yang tinggal bersama kedua anaknya yang membutuhkan bantuan.

Dalam kegiatan ini di hadiri Kepala Desa Medalem Santoso, Pemilik yayasan SISBI Abah dewa,ketum SISBI Abah misbach,ketua SISBI Sidoarjo Ghozali,Kabid Sosial Edi.S, beserta Anggota SISBI.

Ibu Sianah merupakan tulang punggung keluarga setelah ditinggal suaminya yang meninggal beberapa puluh tahun yang lalu,Ibu Sianah bekerja serabutan untuk menghidupi kedua anaknya. Beban semakin berat dengan kondisi salah satu anaknya yang mengalami ODGJ.

Junaedi Lesmana atau yang lebih akrab dipanggil Sholeh 8 Dewa atau abah Dewa selaku pemilik yayasan SISBI mengatakan ,untuk kedepannya kita akan mendata warga tidak mampu di desa Medalem sehingga kegiatan bakti sosial kita bisa berkesinambungan. Semoga apa yang kami cita-citakan bersama saudara-saudara kita di SISBI bisa terlaksana.

Dalam kesempatan ini Abah Dewa juga menawari Ibu Sianah untuk membuka usaha.”Dengan semampu saya untuk kedepannya, saya akan membantu Ibu Sianah untuk membuka usaha. Nanti akan kita bicarakan bersama-sama teman SISBI,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum SISBI Misbach Yusabiran menyampaikan “Harapan kita adalah kita akan membantu secara berkesinambungan yang saat ini kita fokus ke bu Sianah di Sidoarjo. Untuk ke depannya kita akan bergerak ke desa – desa lain agar yayasan SISBI ini bisa mengembangkan sayap untuk beramal kepada sesama insan,”Tutupnya.

Di sela sela kegiatan sosialnya Keluarga Besar Yayasan Seduluran Insan Seni dan Budaya (SISBI) menyempatkan mengunjungi salah satu candi muncul yang ada di Desa Medalem, kecamatan Tulangan Sidoarjo.

Cece Wulan selaku budayawan yang tergabung dalam Seduluran Seni dan Budaya (SISBI)dalam agenda kunjungannya menceritakan,” kita disini untuk menguri uri budaya agar tidak punah tergerus oleh zaman.”kata Cece.

Cece juga menambahkan “kita membakar dupa itu hanya sarana untuk menghargai Di sini ada peninggalan leluhur kita tidak lebih daripada itu lantas saya di situ hanya mengucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwasanya kita hanya untuk mendoakan beliaunya yang sudah ada di alam sana.lebih baik lagi dan semoga yang ada di sini yang ada di dunia ini juga lebih baik lagi,”ucapnya.

“kita tidak menyembah melainkan kita hanya doa mendoakan saja karena apapun itu suatu roh itu salah satu peninggalan sejarah leluhur kita tidak ada salahnya kita nguri-nguri semacam itu tapi intinya hanya di situ aja kita beradaptasi dengan beliaunya bukan berarti kita menyembah kita hanya menghargai itu saja tidak lebih,”Pungkasnya.(Bs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.