Tari Remo Massal di Surabaya Pecahkan Rekor MURI

0 178

Surabaya~www.pilarcakrawala.news|Pemecahan rekor MURI tari remo sukses digelar di Kota Surabaya, Jawa Timur, dengan melibatkan puluhan ribu siswa dari ratusan sekolah SD dan SMP, Minggu (18/12/2022).

Puluhan ribu siswa itu mengenakan pakaian penari khas Jawa Timur, lengkap dengan selendang merah putih. Secara serentak, mereka menarikan tari tradisional secara kompak mengikuti iringan musik lokal.

Sebanyak 65.945 pelajar se-Surabaya berhasil memecahkan rekor MURI, “Tari Remo oleh Pelajar secara Serentak di Situs Sejarah dan Jembatan Terbanyak”. Lokasi menari remo terbanyak ini terpusat di Jembatan Suroboyo.

Tari Remo massal di Surabaya pecahkan rekor MURI

Sementara itu, para pelajar lainnya tersebar di 10 tempat bersejarah lainnya antara lain Tugu Pahlawan, Balai Kota Surabaya, Taman Bungkul, dan halaman sekolah SD dan SMP masing masing.

Pemecahan rekor MURI ini sekaligus membayar perjuangan para pelajar di Surabaya. Banyak dari mereka yang sudah mempersiapkan kegiatan ini sejak satu bulan lalu. Seperti yang diungkapkan,Renata kelas 5E dari peserta tari Remo SDN SIDOTOPO WETAN 1 / 255 mengatakan, Sangat senang sekali dengan giat ini karena bisa menumbuhkan rasa Persatuan dan kekompakan antar siswa, pungkasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Keizha Ariesta. Siswa kelas 7 dari SMPN 4 Surabaya mengaku sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini, karena sudah lama ia tak menari remo.

“Sebelumnya ikut sanggar, tapi sudah lama tidak pernah tampil karena pandemi. Jadi senang bisa nari lagi terus sama teman-teman banyak,” terang siswa kelas 7 SMP ini.

Eri Cahyadi dalam sambutannya mengatakan , tari Remo akan di jadikan sebagai ekstrakurikuler di setiap sekolah.

“Bukan gerakannya yang menjadi utama, tapi filosofi dari tarian Remo. Bagaimana filosofi dalam tari Remo tertanam dalam jiwa arek-arek Suroboyo,” kata Eri.

Melalui pemecahan Rekor MURI ini, Eri Cahyadi berharap jiwa seni dan budaya tertanam dalam diri para pelajar. Sekalipun digempur budaya asing, pelajar di Surabaya tetap mengerti dan cinta kebudayaannya sendiri.

Eri juga mengapresiasi seluruh sekolah dan pelajar yang terlibat. “Awalnya ditargetkan hanya 10 ribu pelajar, tapi banyak sekolah yang mendaftar hingga mencapai 65 ribu lebih,” imbuhnya.

Untuk diketahui, penghargaan Rekor MURI ini diberikan langsung oleh Direktur MURI, Yusuf Ngadri kepada Walikota Surabaya, Eri Cahyadi.(BS/Rm)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.