Terdorong Keinginan Luhur Untuk Memajukan Potensi Budaya,SISBI Jenggolo Sidoarjo Membentuk Kepengurusan

0 536

Sidoarjo~www.pilarcakrawala.news|Terdorong keinginan luhur untuk memajukan potensi budaya, segenap seniman dan budayawan yang tergabung dalam Seduluran Insan Seni dan Budaya Indonesia (SISBI) membentuk kepengurusan SISBI Jenggolo Sidoarjo.

Dengan memakai pakaian Adat Jawa
Pembentukan kepengurusan berlangsung sangat sederhana bertempat di Ndalem Sultan ( warung kopi dan Penyetan) Jl Raya Lebo kabupaten Sidoarjo, Selasa (1/11/2022).

Sholeh 8 Dewa atau abah Dewa selaku pendiri yayasan Seduluran Insan Seni dan Budaya Indonesia (SISBI ) mengatakan, Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan pelaku seni yang sudah terkikis seni tradisional dari Jawa timur.

“Tidak lupa juga Saya selalu akan menguri uri leluhur tanah Jawa timur,” Kata Abah Dewa.

Abah Dewa juga menceritakan ,” SISBI sebenarnya saya terapkan Seduluran Insan yang saya kukuhkan setelah seduluran insan ketemu akan naik ke Seni dan setelah Seni ketemu kita kembali ke Budaya Nusantara atau budaya Indonesia,”Ucapnya.

Masih kata Abah Dewa,”Saya juga berharap untuk kedepannya mudah-mudahan rakyat Indonesia akan mengerti tentang seduluran Insan dan akan mengerti leluhur kita meninggalkan budaya yang betul betul murni budaya jawa,jangan terpancang dengan budaya budaya lain,”Pungkasnya.

Ghozali ketua SISBI Jenggolo Kabupaten Sidoarjo dalam kesempatan yang sama mengharapkan ke semua pengurus bisa menjadi team yang kuat dalam berprogram kedepannya.

Ghozali menambahkan,” Apabila setelah pelantikan saya mengharapkan ada gebyar musik dan sendratari yang di dukung oleh semua pengurus,”Ujar Ghozali.

“Ada gebrakan awal dari bidang sosial dan semoga bisa cepat terlaksana yaitu berupa khitanan masal, sebagai bentuk sosial kepada masyarakat, mudah mudahan team pengurus ini bisa memperhatikan juga kepada seniman ,budayawan yang situasinya sudah tua dan tidak bisa aktifitas dan juga warga masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan karena itu salah satu tugas dari seksi sosial yang akan membatu baik moril maupun materil,”Tambahnya.

Joe Fendy selaku wakil SISBI Jenggolo yang terpilih mengatakan,”Mempunyai Visi yaitu Berperan Aktif Melestarikan, Mengembangkan serta memasarkan seni dan budaya Jawa timur secara berkesinambungan,”Ungkapnya.

“Untuk Misinya adalah,
1. Mengkaji berbagai seni dan budaya asli Jawa timur dengan mengedepankan seduluran insan sebagai landasan utama.
2. Menyelenggarakan Seni dan budaya lokal berwawasan global sebagai identitas jati diri seni budaya Jawa timur.
3.Menjaga eksistensi pelaku seni dan budaya Jawa timur dengan karya- karya besarnya sebagai warisan leluhur untuk di pasarkan di era global.
4.Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan pengembangan seni dan budaya Jawa timur sehingga bermanfaat bagi masyarakat sekitar secara berkesinambungan,”Tutup Joe Fendy.(π™±πš‚/π™°π™Ίπš)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.