Ulang Tahun Paguyuban Budaya Jawa Sekar Kawedhar Sidoarjo Ke 18 Tahun

0 925

Pilar Cakrawala ~ Sidoarjo |Paguyuban Budaya Jawa Sekar Kawedhar kabupaten Sidoarjo merayakan ulang tahun ke 18 tahun, bertempat di Aula Kantor Desa Bluru kidul Sidoarjo, Jumat (26/8/2022).

Paguyuban Budaya Jawa Sekar Kawedhar merupakan paguyuban para penggiat dan pelestarian budaya Jawa di Kabupaten Sidoarjo. Sampai usia yang ke 18 Tahun, Sekar Kawedhar sudah mengadakan berbagai kegiatan yang berkenaan dengan pengembangan kebudayaan, antara lain macapat, campur sari, Tari tarian.

Kegiatan ini di buka dengan kidung Sekar Kawedhar yang di pimpin oleh Mbah Damun dan di lanjut dengan tarian gambyong dengan penari Tari lestari dan Desi Mega Ayu.

Dalam Acara ini nampak hadir Kepala Bidang kebudayaan Kartini,S.Pd., M.Pd. , perwakilan DEKESDA Sidoarjo, PAKASA Jatim (Paguyuban Kawulo Surokarto Hadiningrat), Anggota Sekar Kawedhar.

Winarto selaku ketua Paguyuban Budaya Jawa Sekar Kawedhar mengatakan agenda kegiatan ini bertujuan untuk memperingati hari ulang tahun Sekar Kawedhar yang ke 18 tahun.

“Angka 18 tahun bukan angka yang kecil untuk mempertahankan paguyuban yang berbasis seni tradisi selama 18 tahun hal yang sangat sulit,”Kata Winarto

“Kenapa saya katakan sangat sulit karena seni tradisi contohnya macapat tidak banyak di minati masyarakat, dan kalau kita tidak mempertahankan tradisi ini lama kelamaan akan hilang terutama generasi muda tidak mengenal apa itu macapat,”Tambahnya.

Momentum di hari ulang tahun sekar kawedhar yang ke 18 tahun ini turut mengundang pejabat Pemkab Ibu Kartini dari kepala bidang kebudayaan kabupaten Sidoarjo,harapan kedepan bisa bersinergi antara pelaku seni budaya dengan Pemda agar bisa mempertahankan tradisi ini semakin langgeng.

“Saya berharap di ulang tahun Sekar Kawedhar yang ke 18 tahun ini bisa bergerak bersama sama untuk melestarikan seni dan budaya contohnya macapat agar tidak punah dan di gerus zaman karena macapat ini banyak mengandung makna baik dari filosofi, memori,literasi dari nenek moyang sejak zaman Majapahit hingga sekarang,”Pungkasnya.

Kartini, S.Pd., M.Pd. Selaku Kepala Bidang Kebudayaan Sidoarjo dalam sebutannya menyampaikan,”Saya sagat berterimakasih karena Sekar Kawedhar sudah mempertahankan budaya-budaya Indonesia salah satunya menyajikan tari gambyong dan kegiatan lainnya yang bersifat kebudayaan biarpun itu bukan dari khas Sidoarjo,”Ucapnya.

Kartini kembali menyampaikan ucapan terimakasih kepada Sekar Kawedhar karena sudah di bantu mencarikan narasumber macapat untuk kegiatan di Dinas pendidikan.

“Dinas Pendidikan ingin memberikan yang terbaik bagi bapak ibu dan ingin membuat suatu kegiatan dan wawasan yang bermanfaat, karena di zaman era harus semakin tau dan terbaca jadi tidak boleh monoton,”Tambahnya.

Acara di tutup dengan Pemotongan Nasi tumpeng dan di lanjut dengan acara ramah tamah dan doa bersama. (BS/Akr)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.