BURSA KERJA KHUSUS (BKK) SMKN 2 BUDURAN BERPERAN PENTING BAGI PARA SISWA & ALUMNI

0 250

Sidoarjo~www.pilarcakrawala.news|Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di SMKN 2 Buduran, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DISNAKERTRANS).

Menurut Mifthakussurur, S.Pd selaku pembina di bursa kerja khusus (BKK) dan juga bimbingan konseling (BK) SMKN 2 Buduran, ketika pilar cakrawala meminta keterangan di ruang BKK setelah seminar motivasi yang dilakukan oleh PRIDE Training Center pada Rabu ( 12/04/2023) menjelaskan,” BKK menurut resmi dari Disnaker tahun 2020 Tapi sebelumnya saya sudah kelola selama hampir 10 tahun tapi masih ada kendala dengan kantor yang menetap selama 10 tahun itu saya masih gabung di ruang BK sehingga administrasinya belum bisa menata sampai saat ini, tetapi Alhamdulillah setelah kedatangan Ibu Mariya di tahun 2020 tepatnya bulan Mei BKK dibuatkan ruang khusus sehingga bisa lebih maksimal dalam pelayanannya ke siswa kelas 12 dan juga alumni SMKN 2 Buduran.” jelasnya.

Mifta panggilan akrab dari guru Pembina BKK ini juga menjelaskan bahwa program dari BKK itu sendiri dimulai sejak siswa masuk kelas 10 sampai dengan nanti siswa menjadi alumni dengan rangkaian dari kelas 10 diberikan wawasan pengetahuan untuk siswa kelas 10 bisa mulai merencanakan masa depannya dengan angket khusus di mana bisa memilih nantinya setelah lulus dari SMK ingin kuliah kerja atau berwirausaha, Miftha juga menjelaskan dari angket ini nantinya akan dihimpun dievaluasi kemudian dibuatkan program khusus di mana program tersebut menyesuaikan studi lanjut ataupun karir dari siswa.

Selanjutnya pada saat siswa di kelas 11 akan dibuat program untuk memberangkatkan PKL dan kunjungan industri untuk persiapan nantinya ketika Lulus bisa bekerja, ” untuk tahun ini durasi pkl-nya 6 bulan di era pandemi hanya 3 bulan.” tuturnya.

” Untuk siswa kelas 12 kita persiapkan bagaimana pemantapan soft skill siswa sebelum nantinya bisa lulus dari SMK ini selanjutnya anak-anak kelas 12 menyelesaikan Ujian nanti kita komunikasikan/ kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri untuk bisa mengetahui kebutuhan dari karyawan perusahaannya.” tambahnya.

SMKN 2 Buduran merupakan salah satu dari tempat yang ditunjuk oleh Disnakertrans Kabupaten Sidoarjo sebagai Sentral perekrutan karyawan khususnya dari lulusan SMA SMK sederajat. tercatat 150 industri telah bekerja sama dengan SMKN 2 Buduran dalam berbagai hal.

Menurut data dari BKK alumni lulusan SMKN 2 Buduran Tahun 2021- 2022, 98% alumni sudah menginformasikan kegiatan yang saat ini dijalani dari 98% tersebut terbagi dalam beberapa bagian sebesar 49% mengaku telah bekerja di industri dunia kerja 7% berwirausaha dan empat persen masih dalam masa menunggu.

kepala sekolah SMKN 2 Buduran, Dra Hj. Mariya Ernawati, M.M. mengungkapkan, ” sesuai visi dari SMKN 2 yaitu Untuk mengantarkan generasi yang unggul, mumpuni dan berkarakter sehingga kalau lulus kita berharap anak-anak kita gelorakan untuk penguatan profil pelajar Pancasila yang mempunyai dimensi bertakwa berakhlak mulia bergotong-royong kebhinekaan mandiri kreatif dan berpikir kritis sehingga bisa menghadapi kehidupan yang berbagai macam.” urainya.

” Dan dengan adanya BKK membantu Dinas Tenaga Kerja Bagaimana menyalurkan para siswa lulusan untuk mendapatkan BMW ( bekerja, melanjutkan, wirausaha ) sehingga kita benar-benar memantau kita juga mengundang dunia usaha industri untuk mengadakan perekrutan di sekolah sehingga kita memberikan kesempatan anak-anak yang masih belum Kuliah Jika berminat untuk bekerja kita beri kesempatan, selain itu kita juga bekerja sama dengan perguruan tinggi maupun LPK baik negeri maupun swasta.” tambahnya.

” Harapan kami mudah-mudahan anak-anak bisa menghadapi dunia nyata bisa survive usaha keras dan tidak lupa berdoa.” tutupnya.

di akhir wawancara Mifta sebagai guru Pembina BKK menginformasikan Bagi para alumni yang membutuhkan informasi lowongan pekerjaan bisa hadir ke SMKN 2 Buduran.(As)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.