Edukasi Siswa-Siswi KB & TK Muslimat NU 126 Wachid Hasyim Tulangan di TPST Bumi Lestari Desa Tulangan

0 384

Pilar  Cakrawala ~ Sidoarjo |Kunjungan Siswa-Siswi KB dan TK Muslimat NU 126 Wachid Hasyim Tulangan,Sidoarjo Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TPST Bumi Lestari Desa Tulangan, Sidoarjo.Selasa (2/8/2022).

Acara ini di hadiri oleh para Guru KB dan TK Muslimat NU 126 Wachid Hasyim Tulangan, mahasiswa mahasiswi UMSIDA, Perwakilan DLHK,KSM BUMI LESTARI Dan Wali Murid,Ketua Yayasan Sapu Jagat Nusantara Sidoarjo.

Lailil Luhul Mahfudloh,S.Pd Kepala sekolah PG/TK Muslimat NU 126 Wachid Hasyim Tulangan menjelaskan,”Ini di ikuti dari KB usia 3 tahun, TK/A usia 4-5 tahun, TK/B usia 6 tahun merupakan projek penguatan profil Pancasila, maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melihatkan anak-anak lebih dekat tentang pemilahan sampah agar bisa melihat secara langsung bagaimana cara memilah bagaimna cara memanfaatkannya supaya anak-anak mempunyai jiwa interprener dan tidak memandang sebelah mata tentang sampah,”Ujarnya.

Lailil menambahkan,”Sejak dini kita tanamkan di sekolah untuk menjaga kebersihan dan kita juga menyiapkan tempat sampah basah maupun kering di lingkungan sekolah,hari ini kita datangkan secara langsung di tempat pengolahan sampah agar anak-anak tau betul yang di sosialisasikan di sekolah,”kata Lailil.

“Lailil berharap agar anak-anak mengenal tentang kebersihan karena kebersihan sebagian dari iman,”Pungkasnya.

Nurhadi selaku Ketua KSM BUMI LESTARI mengatakan, Untuk agenda saat ini yang disajikana sebenarnya fokus ke pengolahan sampah tidak menutup kemungkinan apabila ada teman teman dari akademisi mahasiswa maulun dari yang lainnya berkunjung kepingin ngerti detilnya kita terima seperti halnya PG/TK Muslimat NU 126 Wachid Hasyim Tulangan saat ini.

“Untuk kegiatan TK baru kali ini akan tetapi dari dewan, akademisi, univeritas, home scooling dl.dan anak SMA.harapan kegiatan hari ini kedepannya supaya lebih bermanfaat bagi perkembangan sampah selanjutnya dan bisa menuntaskan sampahnya di desa masing-masing sesuai dengan instruksi dari Pak Amik selaku pembina DLHK,”Ucapnya.

Budi Santoso selaku Perwakilan DLHK Kabupaten Sidoarjo team sosialisasi dan pendamping teknis pengelolah sampah mengatakan tujuan dari kegiatan ini agar anak-anak dari usia dini kita mengenalkan bagaimana cara mengolah sampah mengedukasi lingkungan supaya menjadi generasi yang mengsempurnakan agar tidak membuang sampah di sungai.

Budi menambahkan, pengolahan sampah terpadu yang ada di desa Tulangan ini kita mencoba mendesain kegiatan masyarakat supaya menjadi suatu merubah pola fikir masyarakat di pengolahan sampah ini tidak terkesan jorok dan terkesan kumuh.

“Untuk edukasi hari ini kita sudah melaksanakan suatu edukasi terhadap siswa-siswi PG/TK. di pengolahan sampah terpadu didesa tulangan ini juga ada taman ada kolam ada juga kegiatan juga menangkap ikan anak-anak ini di kenalkan kecek(bermain air) di kolam ikan supaya anak-anak tidak jauh-jauh dari sidoarjo,”Ucapnya

“Harapkan kedepan agar adik-adik supaya untuk menyempurnakan dan melanjutkan supaya Sidoarjo ini kedepan lebih bersih,”Tutupnya.(Pdk/Bs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.