PERKUAT POSISI KOMITE KEPERAWATAN, PPNI DPW DIY GELAR KELAS ONLINE

0 395

Pilar Cakrawala ~ Yogyakarta, Dalam rangka meningkatkan profesionalisme, pembinaan etiket tenaga keperawatan, menjamin mutu pelayanan serta keselamatan pasien, DPW PPNI Daerah Istimewa Yogyakarta gelar kelas online.

Bertempat di Cavinton hotel Yogyakarta, kelas online di gelar selama 3 hari , kamis- sabtu ( 11-13/11/2021) di ikuti 680 peserta online serta 9 peserta offline tenaga kesehatan khususnya perawat dari rumah sakit seluruh Indonesia.

Acara yang di gelar dengan tema Penguatan posisi komite keperawatan dan bidang keperawatan dalam pelaksanaan tata klinis dan manajemen pelayanan keperawatan ini, di buka secara langsung oleh Ketua DPW PPNI D.I. Yogyakarta, Tri Prabowo, S.Kp., M. Sc.

Dalam sambutannya Tri Prabowo menyampaikan bahwa pemerintah melalui Permenkes no. 49/2013 tentang komite keperawatan sebagai landasan menjawab profesionalisme tenaga keperawatan. ” Pada saat ini dan mendatang, pelayanan kesehatan khususnya RS adalah pelayanan yang berpusat pada pasien, yang tentunya pelayanan yang di inginkan tepat waktu, aman, sesuai standar profesi, persyaratan hukum dan peraturan hukum sehingga pelayanan benar benar bisa profesional, berkualitas, dan menjamin keamanan serta kenyamanan.” ucapnya.

” Pelayanan perawatan yang di maksud tentunya di topang dengan KPMK yang terkait tata kelola asuhan yang baik, tata kelola klinis yang baik dan tata kelola rumah sakit yang baik.” imbuhnya.

Menggaet Narasumber yang kompeten di bidangnya, hadir di kelas online ini Ketua Umum DPP PPNI Dr. Hari Fadhillah, S. Kp., SH., Kompartemen manajemen keperawatan PERSI Pusat / Konsultan manajemen kesehatan, Ns. Siti Komariah, S. Kep., MARS., Ketua Forum Komite Keperawatan Indonesia, Ns. Erwin, S. Kep. M. Kep., Kepala Divisi Keperawatan RS. PELNI Jakarta, Neneng Yuliawati, S. Kp., MPH., Konsultan Manajemen Kesehatan Dr. dr. Andry, MM., MH. Kes., Komp. Keperawatan PERSI Pusat Prof. Dr. Rr. Tutik Sri Haryati, S. Kp., MARS., Anggota IKPRS PERSI Pusat Dr. Rokiah Kusumapradja, SKM. MHA., Ketua Majelis Etik Ikatan Manajer Perawat Indonesia Dr. Rita Sekarsari, S. Kp., Sp. KV., MHSM., FISQua., serta Manajer mutu, inovasi dan keselamatan pasien RS. Semen Gresik ( peraih predikat gunung emas di festival Lean Kaizen) Akhmad Rifa’i, S. Kep.Ns.

Kelas online ini membahas tuntas Komite keperawatan yang merupakan wadah non struktural RS , mempunyai fungsi untuk mempersatukan dan meningkatkan profesionalisme tenaga keperawatan melalui mekanisme kredensial, menjaga mutu profesi, pemeliharaan etika dan disiplin profesi.

Di ulas juga strategi penguatan posisi komite keperawatan, fungsi, tugas dan kewenangan komite keperawatan dan komite kredensial, metode monitoring dan evaluasi tidak ketinggalan menjadi topik yang menarik.

tidak kalah menariknya berbagi pengalaman dari narasumber dalam menyusun dan menggunakan dokumen dokumen dalam proses kredensial.

Di sesi penutupan Ketua DPW PPNI D.I. Yogyakarta, Tri Prabowo, S.Kp., M. Sc., mengucapkan permohonan maaf dan terima kasih serta apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh para peserta yang sudah berpartisipasi dan antusias ,dalam kelas online, ” kami berharap apa yang telah di sampaikan mampu menambah wawasan pengetahuan kita khususnya terkait dengan penguatan posisi komite keperawatan dan bidang keperawatan dalam pelaksanaan tata klinis dan manajemen pelayanan keperawatan bidang.” ucapnya.

” semoga apa yg kita terima dari narasumber mampu menginspirasi bapak ibu peserta untuk segera membuat tindak lanjut di tempat masing masing, agar tata kelola klinis dan manajemen pelayanan keperawatan di rumah sakit bapak ibu lebih maju dan sesuai dengan yang di harapkan.” pungkasnya.

Di akhir kegiatan di umumkan pemenang kuis puzzle yang di gelar di sela acara berlangsung yang di menangkan oleh Ririn Kartika Sari dari RS. UNS Surakarta, dan juga penanya terbaik dari RS Adi Husada Surabaya.(As)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.