UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TK DHARMA WANITA PERSATUAN DESA GROGOL MENGADAKAN PARENTING

0 143

Sidoarjo~www.pilarcakrawala.news|Setiap orang tua wajib mengasuh dan mengasihi anaknya. Seorang anak memang perlu bimbingan dan arahan orang tua mulai dari masih kandungan hingga anak menjadi mengerti akan arti kehidupan.

Parenting atau pola asuh orang tua terhadap anak meliputi memenuhi kebutuhan fisik yaitu makanan dan minuman dan juga memenuhi kebutuhan piskologi yakni kasih sayang, rasa aman, serta bersosialisasi dengan masyarakat sekitar agar anak bisa hidup selaras dengan lingkungannya.

Kegiatan Parenting ini di laksanakan TK DHARMA WANITA persatuan desa Grogol, kegiatan ini mengambil tema MEMBANGUN SINERGI ANTAR SEKOLAH, ORANG TUA, DAN ANAK.

Turut hadir dalam kegiatan ini , Pengawas TK dari dinas kecamatan Tulangan, kepala sekolah, kepala desa , komite sekolah TK, ketua penyelengara, ibu peserta didik.

Kegiatan ini di laksanakan di aula balai desa Grogol Kamis 7 September 2023. Kegiatan ini di laksanakan di aula balai desa Grogol, acara di mulai pukul 08.00 wib.

Sebelum acara di mulai para peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, di lanjutkan sambutan kepala sekolah TK DHARMA WANITA PERSATUAN ibu Ma,rufah mengatakan , Pentingnya Parenting dalam dunia pendidikan anak usia dini atau TK/ paud, sebab Parenting itu sendiri adalah pola asuh orang tua terhadap anak. setiap orang tua wajib mengasuh dan mengasihi anak.

Kepala desa Grogol ibu Titik Widyawati dalam sambutannya mengatakan, “kita sebagai orang tua yang peduli dengan anak anak kita sejatinya orang tua sepenuhna memberikan kasih sayang pada anak, jangan sayang pada suami aja, sedangkan anak tidak di perhatikan”.

Laras , SPd, MPd pengawas TK dari Dinas pendidikan dan kebudayaan kab. Sidoarjo mengatakan dalam sambutannya, “Parenting sangatlah wajib di adakan di sekolah sekolah, sebab kita sebagai guru di TK harus bersinergi dengan orang tua murid dalam mendidik anak”.

Saya mengajak orang tua murid untuk bisa mewujudkan cita-cita anak, hindari bulliying terhadap anak, berilah anak tuk bermain sesuka hati mereka(masih dalam pengawasan orang tua) sebab bermain akan mengajari anak kita tuk kreatif, berilah alat alat bermain yang bisa mengedukasi, Ujarnya.

“Anak jangan sering-sering menggunakan hp untuk bermain game, boleh aja anak menggunakan hp asalkan masih dalam pengawasan orang tua, sebab kalau tidak dalam pengawasan orang tua bisa berbahaya untuk pertumbuhan anak tersebut”, Tambahnya.

Orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik pada anak , sebab anak usia dini ini memorynya selalu menyimpan apa yang di perbuat orang tua. Maka dari itu orang tua murid dan guru harus bersinergi dalam mendidik anaknya.

Di sesi tanya jawab Riska menanyakan bagaimana menangani anak bila menangis, di jelaskan oleh ibu Laras kalau anak menangis maka ibu harus memeluknya dengan penuh kasih sayang, maka secara piskologi akan menyambung dengan anak, bahwasanya anak tersebut masih ada untuk berlindung dan perhatian.(ED S).

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.