NUANSA KEBHINEKAAN YUDISIUM UNSURI, CETAK 244 LULUSAN BERKARAKTER ISLAMI

Universitas Sunan Giri Surabaya (UNSURI) menggelar yudisium Strata 1 sejumlah 244 mahasiswanya dari 4 Fakultas dan 8 program studi.

0 263

Sidoarjo~www.pilarcakrawala.news|Yudisium adalah penentuan kelulusan mahasiswa dalam menempuh studi di perguruan tinggi.

Hari Minggu ( 13/08/2023) Universitas Sunan Giri Surabaya (UNSURI) menggelar yudisium Strata 1 sejumlah 244 mahasiswanya dari 4 Fakultas dan 8 program studi (PRODI) bertempat di Auditorium UNSURI jalan Brigjen Katamso II, Bandilan, Kedungrejo, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.

Dihadiri Rektor UNSURI Dr. H. Didit Darmawan, ST., SE., MM, wakil rektor bidang Akademik Rahayu Mardikaningsih, SE., MM., wakil rektor non akademik Hj. Eli Retnowati.,SE., MM., para dekan fakultas, kepala program studi (Kaprodi), dosen dan juga 244 Mahasiswa peserta Yudisium.

Yudisium kali ini berbeda dari biasanya di mana para calon wisudawan wisudawati dan hampir seluruh yang hadir mengenakan baju adat berbagai daerah di Indonesia.

Menurut ketua panitia M. Sifa F. Yulianis, SH.,MH.,” konsep acara yudisium kali ini adalah merawat Kebhinekaan”, ucapnya.

“Filosofinya di ambil dari mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah , berbagai macam latar belakang, pekerja, murni mahasiswa dan lain-lain, kita rawat kebersamaan , kebhinekaan itu akan menjadi muatan yang dahsyat”, tambahnya.

Ketua panitia Yudisium Universitas Sunan Giri Surabaya (UNSURI) M. Sifa F. Yulianis, SH.,MH. 13/8/23.

 

Prosesi Yudisium di awali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yalal Wathon dan hymne Unsuri, dan lantunan ayat suci Al Qur’an dari peserta Yudisium M.Ilham Mahsun dari Fakultas Hukum dan Sosial yang merupakan juara ke 2 MTQ putra U20 UNESA.

Acara yudisium yang di tunggu para calon wisudawan wisudawati akhirnya di gelar dengan di panggilnya satu persatu peserta yudisium untuk menerima pemasangan selempang tanda kelulusan oleh Dekan di dampingi Kaprodi masing- masing Fakultas, di awali dari Fakultas Teknik, Fakultas Hukum dan Sosial, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Agama Islam.

Suasana menyenangkan terlihat dari senyum para peserta yudisium salah satunya Ajeng ganda seorang peserta yudisium dari Sukodono Sidoarjo dari fakultas agama Islam mengaku,” saya senang hari ini, Unsuri keren , setelah ini saya akan mencoba mendaftar sebagai PNS”, harapnya.

Berbeda dengan Prasetyo peserta yudisium dari Fakultas Teknik program Studi Teknik Mesin ini ingin berwira usaha, “setelah ini saya akan membuka bengkel mobil dan jual sparepart mobil sehingga terbuka lapangan kerja”, ucapnya.

 

Sementara Rektor UNSURI Surabaya Dr. H. Didit Darmawan, ST., SE., MM., dalam keterangan persnya menyampaikan.” harapan saya jauh lebih besar tantangannya, sangat tidak bisa ditolerir lagi kalau tidak siap nanti akan mati tergerus, namun kita tetap optimis bahwa lulusan unsuri akan tetap bertahan karena bekal-bekal dari kegiatan kemahasiswaan yang secara mandiri mereka lakukan sudah cukup baik namun memang masih perlu perhatian dan bimbingan dari para dosen unsuri itu yang saya pikir harus dikembangkan ke depannya”, ujarnya.

Rektor UNSURI Surabaya Dr. H. Didit Darmawan, ST., SE., MM. saat wawancara dengan jurnalis www.pilarcakrawala.news 13/8/23.

 

” Untuk akreditasi Unsuri sekarang mencapai baik sekali untuk beberapa prodi, kami juga sudah mendapatkan satu prodi dengan status unggul yaitu di PGMI dan lebih banyak diisi oleh prodi dengan status baik sekali.” sambung Didit.

Didit Darmawan yang baru menjabat Rektor UNSURI Surabaya 2 bulan ini menginformasikan dalam waktu dekat akan melakukan pembangunan di lahan Unsuri yang luas ini,” kami akan bangun di lahan yang sangat luas ini dengan konsep kampus wisata olahraga dengan pembangunan taman yang mengutamakan keasrian dan kenyamanan untuk dipandang, kenyamanan untuk dikunjungi dan juga kami akan membangun ada jogging track juga sepanjang 500 meter kemudian beberapa fasilitas olahraga juga disediakan termasuk akan ada pembangunan lapangan futsal 2 bulan lagi”, jelasnya.

” selain itu kami juga ada unit bisnis cafe untuk mahasiswa kami sediakan juga pembangunan kelas yang sangat efektif yaitu kelas umat di mana kelas umat ini adalah program yang 100% gratis dari awal masuk sampai dengan wisuda itu tanpa biaya sepeserpun kami tunjukan kepada seluruh masyarakat yang berminat bukan hanya masyarakat yang tidak mampu tetapi masyarakat yang ingin menjadi SDM yang berkualitas dan hebat”, Pungkas.(As/Ndreas).

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.