PENGAJIAN AKBAR GUS IQDAM MENYAMBUT HAUL MBAH SYAIKHONA DZAMROWI, PULUHAN RIBU JAMAAH PENUHI LAPANGAN DESA GELANG, FOKUSS AMBIL PERANAN

0 151

Sidoarjo~www.pilarcakrawala.news|Pemandangan menarik terjadi di desa Gelang kecamatan Tulangan kabupaten Sidoarjo di mana sejak Jumat siang ( 26/04/2024) puluhan ribu jamaah berbondong- bondong memenuhi lapangan desa Gelang.

Bukan tanpa alasan, mereka sengaja datang lebih awal dan rela menunggu dai muda ternama asal Blitar Jawa Timur KH Muhammad Iqdam Kholid atau dikenal Gus Iqdam yang di jadwalkan akan memberikan tausiyah di malam harinya.

Ari Gustam, sebagai ketua panitia membenarkan ini, ” ini merupakan puncak acara Ruwah desa /bersih desa yang di gabung dengan haul Mbah Syaikhona Dzamrowi, jadi konsep tradisi dan religi.”

“Rangkaian acaranya sudah di mulai dari sebelum Ramadhan di mana tradisi Ruwah Desa dengan menghadirkan budaya wayang kulit dan puncaknya di idul Fitri ini dengan pengajian Akbar Gus Iqdam sekaligus halal bihalal.” lanjut Gustam.

Acara yang di gelar sejak pagi ini di awali dengan khotmil Qur’an , Banjari , sholawat, tahlil dan Yasin oleh jamaah di buka langsung oleh kepala desa Gelang Dedy Dwi Nugroho.SH.

Puncak acara di malam hari tampak hadir wakil bupati Sidoarjo H. Subandi, SH yang menyempatkan hadir saat baru landing dari ibadah umrohnya, tampak juga ketua DPRD Sidoarjo H. Usman, M.MKes., anggota DPRD Sidoarjo H. Rizza Ali Faizin, M.Pd.I, Dandim Sidoarjo, Kapolres Sidoarjo dan juga firkompimda ,firkompimcam hingga seluruh kepala desa di wilayah kecamatan Tulangan.

Dipandu oleh MC dari TV 9 Yuli Astutik dan di hibur Hadrah Auliyan Mustofa Polisi santri Polda Jatim, suasana menjadi ceria sehingga para jamaah pengajian merasa terhibur yang sabar menunggu dai favoritnya Gus Iqdam yang seyogyanya di jadwalkan pukul 21.00 WIB hadir , tetapi baru hadir pukul 22.35 WIB.

Hampir 15 ribu jamaah hadir dalam acara ini sehingga Kapasitas Lapangan desa Gelang yang bisa menampung 10 ribu jamaah penuh sesak hingga melumer ke jalan desa hingga ratusan kilometer dari lokasi acara.

Forum Kekeluargaan Sedulur Sakdarjo (FOKUSS) turut ambil peranan sebagai relawan turut membantu mengatur dan mengamankan jalannya acara bersama Banser Nahdlatul Ulama (NU).

Ketua FOKUSS, Gus Yasin yang juga sebagai panitia Haul menuturkan,” FOKUSS menurunkan 10 relawan untuk membantu acara berjalan sukses, aman dan lancar. sebagai bentuk bhakti kami kepada masyakat” ucapnya.

Lanjut Gus Yasin yang juga warga desa Gelang ini menyampaikan hal senada dengan ketua panitia,” untuk tahun ini Haul Mbah Syaikhona Dzamrowi kita gabung dengan Ruwah desa sekaligus halal bihalal karena momentnya berdekatan, sedangkan haul Mbah Syaikhona Dzamrowi sendiri di bulan Dzulhijjah , jadi untuk menghemat biaya pengeluaran warga sehingga tidak membebani warga terlalu banyak”.

Salah satu jamaah pengajian , Anas warga desa Kedung cangkring kecamatan Jabon mengaku datang dari jam 2 siang untuk bisa mendapat tempat yang bisa melihat secara langsung dai favoritnya,” saya senang bisa hadir di sini dan melihat langsung Gus Iqdam yang aslinya memang ganteng, kulitnya putih bersih, setiap malam saya hanya bisa mendengarkan tausiyahnya melalui YouTube “.

Puluhan ribu jamaah tetap setia tidak beranjak dari tempatnya hingga Pengajian Akbar Gus Iqdam berakhir pukul 00.30 Sabtu dini hari. Gustam sebagai ketua panitia bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang sudah support baik secara materiil dan spiritual.(As)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.