Puluhan Tumpeng Tersajikan Ketika Prosesi Haul Sesepuh Desa Kalitengah

0 121

Sidoarjo~www.pilarcakrawala.news|Terlihat antusias gotong royong masyarakat desa Kalitengah dari malam acara sampai siang puncak haul (Buyut Ombak) dan (Kanjeng Putri Nala Apsari) sesepuh desa kalitengah turut hadir pemerintahan desa sampai lapisan masyarakat desa Minggu,25 Febuari 2024.

Beberapa rangkaian prosesi di awali dengan khataman Quran selepas ba’da sholat Subuh di halaman makam punden desa dan puncak acara tausiyah dari  pengasuh pondok pesantren Sabilul Rosyad Sidoarjo KH.Amiruddin Mu’in.

Salah satu panitia penyelenggara Budi mengungkapkan bahwa kegiatan ini untuk membangkitkan kearifan lokal dari tradisi maupun budaya masyarakat desa yang pernah ada.

Lanjut Budi, “Haul punden desa ini guna menjalin silahturahmi antar warga dan suatu bentuk rasa syukur masyarakat desa Kalitengah pada Tuhan maha Esa bahkan puluhan tumpeng dari swadaya masyarakat dipersiapkan supaya bisa di nikmati seluruh masyarakat desa yang menghadiri”.

Dalam ceramahnya KH.Amiruddin Mu’in memberikan pesan penting bagi warga desa Kalitengah ketika tausiyahnya yakni agar tetap menghargai para terdahulu dari pensyiar agama maupun yang membangun cikal bakal desa.

Prosesi ditutup doa bersama yang dipimpin langsung KH.Amiruddin Mu’in supaya berlimpahnya rezeki, kesehatan maupun terhindar dari berbagai musibah khususnya untuk warga desa kalitengah, kegiatan resmi usai dengan makan bersama puluhan tumpeng yang di hibur oleh Banjari RA Ansor desa Kalitengah.(Nia).

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.