AYUNDA GOBA, ARTIS DANGDUT SENIOR SIDOARJO, AJAK ARTIS DAN SENIMAN MUSIK DANGDUT BER- UMKM BANGKIT DARI PANDEMI

0 538

Pilar Cakrawala ~ Sidoarjo|Artis senior asli kota udang (Sidoarjo) Ayunda Goba mengajak seniman musik dangdut untuk bangkit dari pandemi dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Saat di wawancara jurnalis pilarcakrawala.news di rumahnya desa Rangka Kidul kecamatan Sidoarjo kabupaten Sidoarjo pada Senin (28/03/2022), Kak Di panggilan akrabnya mengungkapkan keinginannya untuk membina seniman músik dangdut mempunyai usaha ekonomi produktif, ” dalam penguatan ekonomi para seniman saya ingin mengajak para seniman untuk memiliki usaha lain selain berkarya di bidang seni.” ucapnya.

Ayunda Goba lahir di desa Rangkah kidul Sidoarjo pada 25 Agustus 1972 dari pasangan H. Muhammad Maksum dan Hj. Maimuntoati dengan nama Lailul Chamdiyah.

Terlahir dari keluarga seniman, sang ibu Hj. Maimuntoati merupakan Qori terbaik tahun 1960, Ayunda Goba pun berkiprah di dunia musik dangdut. Mencoba peruntungan di Jakarta, tahun 2015 pencipta lagu Youngky RM mengorbitkannya dengan Album Sontoloyo.

Dalam album jenis house remix dangdut itu ada 6 lagu yang dinyanyikan oleh Ayunda Goba. Selain lagu Sontoloyo yang menjadi andalan hits, juga ada lagu berjudul Goyang Goba (goyang balon), Romeo Bercinta, Janda Aselole, Pacarku Anak Bandara dan Muara Kasih.

Ayunda Goba pun mencoba merambah dunia sinetron di tahun 2016-2019, Kak Di bermain di sinetron Para Pencari Tuhan meskipun hanya peran kecil yang di dapatnya.

Malansir dari IDN Times, di HUT ke -162 Sidoarjo pada 31 Januari 2021 nama Ayunda Goba bertengger di urutan ke 4 dari 6 pedangdut hits yang membawa nama Sidoarjo di kancah nasional melalui musik dangdut, sejajar dengan artis Via Valen, Lala Widy, Lara Silvy, Chacha Sherly dan Uut Permatasari.

Ayunda Goba juga adalah seorang organisatoris yang aktif di beberapa organisasi dan komunitas baik lokal, Provinsi, dan Nasional. Hal ini terlihat dari jabatan yang di embannya dalam organisasi/komunitas, di antaranya sebagai Wakil ketua bidang OKK DPC PAMMI Sidoarjo, Wakil Ketua Pengusaha Mikro Kecil Menengah (PMKM) Prima Indonesia, Ketua Insan Dangdut Jawa Timur, Ketua bidang sosial di Yayasan Sapu Jagat Nusantara.

Selain itu Kak Di adalah Pebisnis yang handal, terlihat dari beberapa usaha yang di miliki , sebagai Direktris CV. Mayora Agency bergerak di bidang event organizer dan SPG, pimpinan O.M Mayora Junior serta usaha dagang Camilan khas Sidoarjo Dengan label Dangdut Mahkota.

Di kondisi pandemi hampir 2,5 tahun ini banyak artis dan seniman mengalami kesulitan ekonomi di tengah kebijakan pemerintah tentang PSBB, PPKM Dan lain-lain, membuat Ayunda Goba mengajak para seniman musik Dangdut khusunya mengikuti jejaknya ber-UMKM.

Berbekal skill dan pengalamannya dalam organisasi dan bisnis mengetengahkan idenya, ” melalui DPC PAMMI Sidoarjo dan melalui sinergi dengan PMKM Prima Indonesia, nantinya para seniman ini memiliki usaha baru, usaha dalam berkarya, untuk pemantapan perekonomian di masa pandemi maupun tidak pandemi.” Tuturnya.

” Gerakan untuk menuju penguatan ekonomi melalui karya pandemi ini adalah terobosan baru dari DPC PAMMI Sidoarjo yang selama ini fokusnya mencari bibit-bibit penyanyi dan pengarahan bibit-bibit yang Ber akhlakul karimah, nah penambahan program ini untuk memberkkan motivasi bahwa seniman itu tidak harus nyanyi saja tapi juga punya usaha supaya ketika ada badai ekonomi, kita itu kuat , sudah kokoh dengan landasan-landasan bisnis /usaha, jadi karya lancar, ekonomi LA car, usaha juga lancar.” Jelasnya.

Dalam kapasitas sebagai wakil ketua bidang OKK DPC PAMMI Sidoarjo Ayunda Goba menghimbau, ” untuk para seniman dangdut seharusnya bergabung di DPC PAMMI Sidoarjo yang nantinya akan di berikan wadah pengelompokan seniman yang sudah mempunyai UMKM dan seniman yang belum mempunyai UMKM sehingga nanti kalau yang belum itu akan di adakan pendampingan dan pelatihan.” Tandasnya.

” Harapan saya untuk jangka panjang daripada program-program itu nanti bisa di eksekusi di program kerja DPC PAMMI Sidoarjo dan di sinergikan dengan program-program komunitas/organisasi UMKM lainnya .” Imbuhnya.

Dalam akhir wawancara Ayunda Goba menginformasikan bahwa akan membuka bisnis di bidang Family Karaoke di 2 tempat, yakni di Porong dan Sidoarjo pada Juni-Juli mendatang dan berharap hasil UMKM seniman dalam bentuk makanan ringan dan juga minuman bisa berkontribusi di dalamnya.(Andreas/As)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.