PATIENT SAFETY HARGA MATI, KOMITMENT PERSI DAERAH BALI TINGKATKAN PELAYANAN MUTU RUMAH SAKIT

0 330

Pilar Cakrawala ~ Denpasar, Mengisi moment Hari Keselamatan Pasien Sedunia yang jatuh di tanggal 17 September , Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Daerah Bali menggelar Webinar dengan tema Implementasi Peningkatan mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) di Era Pandemi Covid 19.

Webinar di gelar di Hotel Harris Denpasar berlangsung 2 hari, kamis dan jumat 30 September -1 Oktober 2021, di dukung Komisi Akreditasi Rumah Sakit ( KARS), serta di dukung IDI dan PPNI ikuti 730 peserta online e dari rumah sakit seluruh Indonesia.

Ketua PERSI Daerah Bali dr. I Gusti Agung Ngurah Anom, MARS., mengucapkan terima kasih kepada Semua Direktur Rumah sakit dan dokter yang menjadi peserta juga narasumber yang hebat. ” Bali sudah mencapai herd imunity, sudah Leboh 70% warga bali sudah di vaksinasi, kasus juga hanya 2 digit sekitar 88 kasus.” jelasnya.

Acara di buka oleh Ketua PERSI Pusat dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes. ” webinar ini menjawab kebutuhan , Bagaimana RS itu mengaplikasikan sebenar- benarnya benar, sebetul-betulnya betul, selurus-lurusnya lurus proses peningkatan mutu dan keselamatan pasien.” ucapnya.

” Mutu Rumah Sakit meliputi manajemen, fungsional, struktural terlibat dalam kepuasan pasien, pelayanan kesehatan yang baik kalau berbasis knowledge management.” tambahnya.

Hadir para Narasumber narasumber handal dan kompeten dari Ketua eksekutif KARS Dr. dr. Sutoto, M.Kes, FISQua, eksekutif KARS dr. Djoti Atmodjo, Sp.A. MARS, FISQua, , dr. Nico A. Lumenta, K.Nefro, MM., MH.Kes., FISQua., dan juga dr. Luwiharsih, M.Sc.FISQua., serta dr. Ni Nyoman Ayuningsih, S.Kp.MM.

Peran pemilik dan direktur rumah sakit juga peran IT dalam peningkatan mutu Rumah sakit di bahas tuntas dalam webinar ini selain itu juga di bahas mencegah medication error di era pandemi covid 19.

Istimewa dalam webinar ini di hadiri Ketua Komite Nasional Keselamatan Pasien Kementrian Kesehatan RI dr. Bambang Tutuko, M.Sc., FISQua., yang turut memberikan ilmu Root Cause Analysis (RCA) da. Failure Mode Effect and Analysis (FMEA).

Dyta Marsya sebagai pemandu acara menambah menarik acara webinar dengan memberikan kuis berhadiah cashback dan juga buku Patient Safety Harga Mati karya dr. Nico A. Lumenta, K.Nefro, MM., MH.Kes., FISQua.,menjadikan acara online menjadi terasa offline.

Selanjutnya acara di tutup oleh Ketua PERSI Daerah Bali dr. I Gusti Agung Ngurah Anom, MARS., ” Terima kasih pada semuanya dan kami mengundang bapak bapa, ibu-ibu dalam workshop di tanggal 16-17 Desember nanti dalam tema Assesor internal rumah sakit dalam menjaga kepatuhan standart.” ucapnya.

” Mudah-mudahan bisa combine dan tatap muka.” imbuhnya.

” Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa selama 2 hari ini kita dapat melewati dengan baik, sejak awal do’a kita terkabulkan, semua masalah dapat di atasi, komunikasi lancar, gambar lancar dan seterusnya, ini berkat Tuhan Yang Maha Esa yang merestui.” pungkasnya.(As)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.