Pengurus Pusat Ikatan Alumni SMPN 1 Sidoarjo (IKA Spensada) Sukses Selenggarakan Rakernas I Usung Program Kerja 2022-2024 Bagi Pembangunan Masayarakat Sidoarjo

0 565

Pilar Cakrawala ~ Sidoarjo| Diselenggarakan di Swiss Belinn Airport Hotel Surabaya (19/06/2022) Rapat Kerja Nasional I (Rakernas I) Ikatan Alumni SMPN 1 Sidoarjo (IKA Spensada) berjalan lancar dan sukses. Rakernas I IKA Spensada dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Bapak DR. Tirto Adi, M.Pd.

Rakernas I IKA Spensada dihadiri oleh 23 angkatan dari 36 angkatan yang mendaftar. Angkatan paling senior tahun 1963 hadir diwakili oleh bapak Soekarno yang masih aktif sebagai pembina Pramuka di SMPN 1 Sidoarjo.
Angkatan lain yang hadir pada helatan acara Rakenas I IKA Spensada ini adalah alumni angkatan 1964 hingga angkatan 2021.

Sambutan diawali oleh Ketua Umum IKA Spensada Drs. H. Agus Maulidy, M.Si, beliau menyampaikan, “Alhamdulillah kegiatan Rakernas yang pertama ini dapat diselenggarakan dan sukses dihadiri oleh perwakilan 23 angkatan alumni,Kedepan IKA Alumni akan terus memberikan sumbangsih kepada sekolah baik bidang keilmuan ataupun sarana kebutuhan sekolah untuk aktivitas belajar. Masing-masing angkatan memilih perwakilan menjadi pengurus di pusat sehingga setiap lintas angkatan dapat berkomunikasi dan koordinasi dengan baik untuk berkegiatan khususnya kegiatan sosial. Program terdekat adalah masih dalam pendataan alumni lain yang tinggal di luar wilayah Sidoarjo dan akan membentuk koordinator lintas kota nantinya. Terima kasih atas partisipasi semua angkatan dan panitia juga donatur dari angkatan 1992.” Ujar Agus Maulidy.

Kepala Sekolah SMPN 1 Sidoarjo Drs. Ahmad Luthfi, MM memaparkan kebanggaan dan harapannya, “Terima kasih atas partisipasi teman-teman alumni semua angkatan di bawah pimpinan Pak Agus untuk membesarkan alumni dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Sejak dulu SMPN 1 Sidoarjo alumninya berasal dari 18 kecamatan, tetapi sekarang sudah tidak lagi karena adanya PPDB jalur zonasi. Jika melihat gedung SMP saat ini fasilitas AC sangat banyak dan anggaran baik Bos dan Bosda banyak terserap, untuk itu dalam peningkatan mutu anak-anak sangat didukung oleh peran serta orang tua murid. Jika alumni ingin membantu memberikan sodaqohnya dipersilahkan. Kami memiliki anak yatim 38 anak dan 120 dhuafa. Kami mengharapkan perhatian dari rekan alumni untuk siswa yang masih membutuhkan bantuan tersebut.” Kata Ahmad Luthfi.

Sebelum membuka acara Rakernas, Tirto Adi menyampaikan, “Saya sangat bangga diundang oleh IKA Spensada apalagi dapat menyelenggarakan kegiatan Rakernas seperti ini dan dihadiri oleh puluhan angkatan sangat luar biasa dan belum saya dengar kegiatan seperti ini dilaksanakan pada alumni sekolah yang lain. Harapan saya IKA Spensada dapat memberikan manfaat khususnya untuk almamaternya juga untuk masyarakat Sidoarjo.” UcapTirto.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Bapak DR. Tirto Adi, M.Pd. Membuka Rakernas I IKA SPENSADA 2022

 

Dalam Rakernas ini diusulkan penggalangan dana setiap angkatan alumni Rp 100.000 setiap bulan yang nantinya akan di alokasikan untuk berbagai kegiatan sosial.

Pada sesi update berita setiap angkatan maju perwakilan menyampaikan berbagai kegiatan dan kesolidan tiap-tiap angkatannya. Paling menarik adalah penyampaian alumni angkatan tahun 1963 bapak Soekarno seorang praktisi seni budaya dan pendidikan yang sudah banyak memberikan sumbangsih bagi pembangunan kabupaten Sidoarjo khususnya dibidang sosial, pendidikan dan budaya.

Sidang Paripurna dibuka dan ditutup serta dipimpin oleh Drs. Ec. Gangsar Waskito selaku Wakil Ketua Steering Comittee.Sidang Komisi dipimpin oleh Ahmad Roif alumni angkatan 1974. 

Sidang Paripurna Rakernas I IKA SPENSADA

Dalam Sidang Komisi dibahas detail program kerja IKA Spensada Tahun 2022 hingga 2024. Program kerja IKA Spensada meliputi dua dimensi yaitu kedalam dan keluar. Dimensi Kedalam membahas tentang pemantapan wawasan, pemantapan keanggotaan dan pemantapan keorganisasian. Sedangkan dimensi keluar membahas beberapa bidang diantaranya, bidang organisasi, bidang sosial dan politik, bidang sosial ekonomi, bidang sosial budaya dan bidang hukum.

Garis besar program yang dibahas dalam Sidang Komisi yaitu program rutin meliputi sasaran dan pokok kegiatan, sedangkan program sektoral meliputi organisasi dan keanggotaan, hukum dan advokasi, keagamaan, sosial dan pengabdian masyarakat, hubungan masyarakat dan publikasi, pengembangan almamater, pengembangan SDM juga pendidikan dan seni budaya.

Dalam sambutan akhir acara, Ketua Pengurus Pusat memperkenalkan personil dari Kepengurusannya kemudian berfoto bersama.(Han/Nlm)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.