Rasa Syukur Masyarakat Desa Kalidawir  Bersholawat Ketika Ruwatan Desa

0 92

 

Sidoarjo~www.pilarcakrawala.news|Ruwatan adalah budaya masyarakat Jawa pada umumnya, Ngruwat berasal dari kata “Ruwat” yang berarti luwar dan Desa berarti “wilayah setempat”. Syukuran Ngruwat Desa ini diadakan bertujuan untuk mendoakan para leluhur dan juga memohon keselamatan, kelancaran dalam segala hal, kesehatan, dan rezeki yang halal dan berkah penduduk Desa Kepada Allah SWT.

Acara ini dilakukan di halaman makam sesepuh desa Kalidawir kecamatan Tanggulangin lebih tepatnya makam mbah Gagah Sifat dengan tema Kalidawir Bersholawat bahkan para ibu-ibu Desa setempat sebelumnya sudah berkumpul untuk menyiapkan makanan berupa nasi, lauk-pauk, aneka ragam jajanan, dan air minum untuk dibagikan ke para warga. Acara Syukuran Ngruwat Desa ini dilakukan bersama dengan penduduk dan pemerintahan desa dengan pengamanan dari babinsa maupun babhikamtibmas supaya berjalan dengan aman dan hikmat Kamis ,08 Febuari 2023

Acara Syukuran Ngruwat Desa ini di meriahkan oleh ustadz/kyai dan habib untuk mengaji, bersholawat, dan berdoa bersama. Pada saat bersholawat diiringan oleh jamiah hadrah setempat sebagai seni dalam melantunkan sholawat sebagaimana yang telah dilakukan oleh Sunan Kalijaga dalam menyebarkan Islam.

Ketika di temui saat prosesi sholawatan berlangsung Maksum kepala desa kalidawir menegaskan ,”ruwatan desa setiap tahunnya diadakan untuk melesatarikan kearifan budaya lokal dan bentuk rasa syukur warga desa pada Tuhan Yang Maha Esa”.

Senada Nita warga desa Kalidawir dengan adanya ruwatan desa bertajuk sholawat berharap warga desa Kalidawir mendapatkan berkah dengan berlimpahkan rezeki maupun terhindar bentuk bencana “Aamiin”.(nic)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.