Ribuan Buruh di Jawa Timur Turun ke Jalan, Merayakan Peringatan May Day Dengan Menggelar Aksi Demonstrasi di Depan Gedung DPRD Provinsi Jawa Timur

0 185

Pilar Cakrawala ~ Surabaya|Sabtu 14/5/2022 Ribuan buruh di Jawa timur turun ke jalan bersama Partai Buruh dan Serikat Pekerja di Jawa Timur merayakan Peringatan May Day dengan menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Provinsi Jawa Timur.

Biarpun perayaan tersebut sempat tertunda karena tanggal 1 Mei 2022 mendekati Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Aksi demonstrasi ini di ikuti puluhan ribu orang dari berbagai Kabupaten Kota di Jawa Timur. Tak ketinggalan perwakilan Pengurus Partai Buruh di 38 Kabupaten Kota di Jawa Timur juga turut ikut serta dalam aksi damai ini.

Massa aksi bergerak dari daerah masing-masing bertemu di titik kumpul utama depan Mall Royal Plaza, untuk kemudian bergerak Bersama menuju Gedung DPRD Provinsi Jawa Timur.

Ketua Komite Eksekutif (EXCO) Partai Buruh Provinsi Jawa Timur, Jazuli, menyampaikan,”Momen Hari Buruh tahun ini digunakan untuk pemantapan tekad untuk membangun kekuatan politiknya sendiri melalui Partai Buruh.”Ujar Jazuli.

“Kaum Buruh menilai kinerja Partai Politik yang ada saat ini jauh panggang dari api, antara aspirasi rakyat dan keputusan Parpol di parlemen, Pengesahan UU Cipta Kerja atau Omnibus Law adalah salah satu bukti gagalnya Partai Politik sebagai saluran aspirasi rakyat.” Ucapnya.

Menurutnya, begitu pula Partai Politik yang katanya tidak setuju dengan UU tersebut namun menolak saat diminta Serikat Pekerja sebagai saksi fakta uji materi UU di Mahkamah Konstitusi.

“Selama ini Buruh hanya dijadikan komoditas politik lima tahunan, setelahnya kesejahteraan buruh diabaikan.”Tambahnya.

“Dengan lahirnya Partai Buruh, maka kaum buruh siap berkontestasi dalam Pemilu 2024 mendatang.” Tegasnya.

“Sudah saatnya buruh mengambil peran dalam penentuan arah bangsa melalui kekuasaan politik.” Pungkas Jazuli.

Nampak perwakilan beberapa buruh naik ke panggung yang sudah disediakan. Mereka berorasi tentang menolak Undang Undang Omnibus Law. Tak ketinggalan juga menyanyikan lagu Iwan Fals tentang Wakil Rakyat.

Di lokasi nampak juga petugas dari TNI,POLRI, Satpol PP berjaga untuk mengatur lalu lintas dan mengamankan jalannya aksi demo buruh.(BS)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.