Kunjungan dan Pemberian Santunan Yayasan Sapu Jagad Nusantara Kepada Penderita Atresia Ani di Sukodono Sidoarjo Sebagai Langkah Awal Pengawalan Menuju Penanganan Medis Secara Serius

0 268

Pilar Cakrawala ~ Sidoarjo|Tim Divisi Sosial Yayasan Sapu Jagad Nusantara Kab. Sidoarjo pada Sabtu 14/5/2022 berkunjung ke rumah Ibu Anis Sulistiyani dan bapak Kasiali, mereka orang tua kandung dari balita Deni penderita Atresia Ani (tidak memiliki anus) beralamat di RT 08/RW 02 Desa Wilayut Kecamatan Sukodono.

Penderitaan balita Deni sudah berlangsung cukup lama mengingat kelainan bawaan dari lahir ini sudah dideritanya sepanjang usianya yaitu 4 tahun 8 bulan dan belum mendapatkan penanganan serius dari pihak Rumah Sakit.

Langkah awal sudah dilakukan ibu Anis agar anaknya segera mendapatkan pengobatan, “Kami sudah membawa anak kami dengan berobat ke puskesmas Sukodono pak, kemudian diberi rujukan ke RS Rahman Rahim Sukodono, dari RS Rahman Rahim disarankan langsung ke RSUD Dr. Soetomo Surabaya saja tidak perlu ke RSUD Sidoarjo agar mendapatkan penanganan cepat dan tepat.” Ulas bu Anis menjelaskan kronologis pengobatan anaknya.

Setelah dirujuk langsung ke RSUD Dr. Soetomo Surabaya, namun sudah satu tahun ini masih menunggu giliran untuk mendapatkan tindak lanjut medis yang tepat dan belum ada panggilan.

Melihat kondisi yang memprihatinkan ini Edi Susanto Ketua DPC Sapu Jagad Nusantara Kab. Sidoarjo bersama Maysaroh pengurus divisi bidang sosial berinisiatif menindaklanjuti dengan menemui Bapak Erwin Sulistianto selaku Kepala Desa Wilayut untuk memperoleh informasi dan dukungan, Bapak Kepala Desa menjelaskan, “Kami selaku pejabat desa akan menindaklanjuti jika ada laporan dari warga, Terkait penderita Atresia Ani balita Deni ini sudah pernah kami fasilitasi mobil desa sebagai akomodasi berobat, namun adanya kendala komunikasi yang menyebabkan belum ada kelanjutan lagi upaya pengobatan balita Deni, Kami siap memberikan pelayanan mendampingi balita Deni untuk mendapatkan pengobatan selama pihak keluarga juga mau membuka diri, Warga kami siap membantu jika diminta karena lingkungan sangat rukun.” Ujar Erwin.

Menutup perbincangan tersebut, Edi Susanto menyampaikan, “Kami dari Yayasan Sapu Jagad Nusantara akan mengupayakan jalur cepat agar balita Deni segera mendapatkan bantuan dari berbagai pihak demi kesembuhannya, Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kab. Sidoarjo dan kami segera konfirmasi pada Direktur RSUD Dr. Soetomo Surabaya agar segera mendapatkan fasilitas medis yang cepat dan tepat mengingat penderitaan balita Deni sudah berjalan lama.”Ucap Edi.

Yayasan Sapu Jagad Nusantara telah berhasil membantu berkoordinasi dengan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, hingga Menteri Sosial Ibu Risma untuk membantu balita Danu penderita Atresia Ani dari Desa Ketegan Kec. Tanggulangin dan balita Faisal dari desa Kedensari Kec. Tanggulangin yang saat ini sedang dalam proses perawatan pra operasi.(NL)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.