Jelang Peringatan Hari Pahlawan ,Pemkot Surabaya Gelar Parade Juang 2023

0 92

Surabaya~www.pilarcakrawala.news|Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar Parade Surabaya Juang 2023 . Kegiatan tahunan ini menjadi salah satu penanda peringatan Hari Pahlawan di Kota Surabaya.

Selain itu,Pemkot Surabaya juga menampilan atraksi teatrikal yang dilakukan di tiga titik, di antaranya Tugu Pahlawan, Siola-Jalan Tunjungan, dan di depan Gedung Negara Grahadi- Jalan Gubernur Suryo dengan menyajikan tiga atraksi perang yaitu pertempuran Surabaya 1945,Pertempuran Mulyorejo, dan Pertempuran Kedung Klinter.

Suara dentuman meriam terdengar nyaring di Jalan Pahlawan, Kota Surabaya. Dentuman itu menandakan atraksi pertempuran 10 November 1945 dimulai, dalam Parade Surabaya Juang 2023 ,Minggu (5/11/2023)sore.

Perang 10 November mementaskan peristiwa Ultimatum Inggris hingga penyerahan Bendera Merah Putih. Puluhan orang mengenakan baju pejuang dan seragam khas kolonial untuk mementaskan drama kolosal ini.

Pada kegiatan parade Juang 2023 di buka secara langsung oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan sekaligus menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat untuk mengisi waktu akhir pekan.

Sementara itu Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dalam pidatonya di sela atraksi 10 November, menyatakan, perang di erat saat ini adalah melawan kemiskinan, bebas dari stunting, dan mensejahterakan masyarakat melalui pendidikan.

“Mari arek-arek Suroboyo bersatu padu bergerak bersama pemerintag kota untuk menyelesaikan segala persoalan,” ucap Eri.

Di ketahui,kegiatan Parade Surabaya Juang tahun 2023 dilaksanakan pukul 15.00 WIB. Rute Parade Surabaya Juang 2023 dimulai dari Tugu Pahlawan menuju ke Jalan Kramat Gantung, Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Yos Sudarso, dan berakhir di Jalan Walikota Mustajab.

Untuk semakin memeriahkan nuansa kemerdekaan, Pemkot Surabaya juga menghadirkan berbagai kendaraan alutsista TNI AL, berbagai motor kuno, dan masyarakat yang mengenakan kebaya hingga baju pejuang untuk turut serta dalam acara sore ini.(Bs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.