Napak Tilas Konfederasi Serikat Buruh Muslim Indonesia (K-SARBUMUSI) Di Pabrik Gula Tulangan Sidoarjo

0 160

Pilar Cakrawala ~Sidoarjo|Memasuki usia yang ke 67 tahun (27 September 1955 – 27 September 2022) Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (K-SARBUMUSI) bermaksud memperingati hari kelahiran dan napak tilas perjalanan K-SARBUMUSI di Pabrik Gula Tulangan Sidoarjo Jawa Timur.

Kegiatan yang diselenggarakan pada hari, Jum’at tanggal 30 September 2022 bertempat di Graha Mahar Agung Pabrik Gula Tulangan, Sidoarjo yang di hadiri Wakil Presiden Refublik Indonesia  Prof. Dr. (HC) K. H. Ma’ruf Amin,Wakil Ketua DPR Dr (HC) Abdul Muhaimin Iskandar,
Menteri Ketenagakerjaan Dr. Hj Ida Fauziyah, Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP. Serta Danrem 084/BJ Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M.

Pemilihan lokasi peringatan hari lahir dan napak tilas di Pabrik Gula Tulangan, dimaksudkan untuk membangkitkan kembali semangat K-SARBUMUSI yang pernah menjadi salah satu sarikat buruh/pekerja terbesar di Indonesia setelah SOBSI (Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia) organisasi buruh underbown Partai Komunis Indonesia (PKI). Saat itu jumlah anggota SARBUMUSI lebih dari 2,5 juta orang.

Saat orde lama sarikat buruh Indonesia sangat diperhitungkan dalam kancah internasional karena menjadi pelaku utama yang melahirkan wadah serikat buruh internasional. SARBUMUSI dan Gasbindo ikut mendirikan Konfederasi Buruh Independen Dunia (ICFTU), sementara SOBSI ikut mendirikan wadah serikat buruh sosialis (WFTU).

Hingga kemudian lahir Orde Baru pada tahun 1965 di bawah Jenderal Soeharto, yang mengambil alih kekuasaan serta menghancurkan seluruh gerakan progresif termasuk gerakan buruh yang dilumpuhkan dengan tuduhan keterlibatan pada percobaan kudeta yang diklaim dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan Gerakan 30 September (G30S), dan memberi legitimasi tentara mengambil alih kekuasaan saat itu.

Untuk diketahui, sebelumnya (27-29 September 2022) K-SARBUMUSI telah menyelenggarakan Kongres Akbar Ke-6 bertempat di Hotel Aston Sidoarjo. Terpilih sebagai presiden baru K-SARBUMUSI secara aklamasi oleh seluruh peserta sidang yang hadir dari seluruh Indonesia Irham Ali Saifudin menggantikan Syaiful Bachri Anshori. (Dik)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.