Peringati Hari Buruh, Serikat Pekerja Sidoarjo Bekerjasama Dengan Pemkab Sidoarjo Adakan Vaksin Covid-19 Dan Bakti Sosial

0 349

JURNAL CAKRAWALA~Sidoarjo, Hari buruh Internasional atau lebih dikenal dengan “May Day” diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Mei yang berasal dari aksi demonstrasi besar-besaran serikat buruh/pekerja di Amerika Serikat pada 1 Mei 1886. tuntutan buruh/pekerja pada waktu itu adalah memperjuangkan 8 jam kerja perhari dari sebelumnya yang 16 jam kerja perharinya.

Sedangkan di Indonesia sendiri hari buruh/May Day tercatat sudah diperingati sejak tahun 1920 namun sejak masa pemerintahan presiden Soeharto, 1 mei bukan lagi merupakan hari libur nasional dikarenakan gerakan buruh/pekerja dihubungkan dengan gerakan yang menganut paham komunis di masa itu. namun perubahan terjadi pada masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang mengembalikan serta menetapkan lagi hari buruh sebagai hari libur nasional, pada tahun 2014.

Di tahun 2021 Dinas Ketenagakerjaan
Kab. Sidoarjo mengadakan vaksinasi covid19 di pendopo kab. Sidoarjo adapun yang hadir diantaranya adalah pengurus/anggota LKS tripartit, TDD, dewan pengupahan dan pengurus serikat pekerja/serikat buruh se kab Sidoarjo (SPSI-RTMM, SPSI-KEP, SPSI-LEM, SPSI-TSK, KEP KSPI, SPN, SBI, Sarbumusi dll) guna memperingati hari buruh “May Day” ditengah pandemi covid19 saat ini.

Ernowo Hadi (serikat pekerja RTMM) melaksanakan Vaksinasi Covid 19

Ketua DPD KSPSI Jawa Timur H. Fauzi menyampaikan,”Saya berterima kasih kepada Disnaker kab. Sidoarjo yang telah memfasilitasi vaksinasi massal kepada pekerja/buruh yang kurang lebihnya 500 orang.”Ujarnya

Walaupun yang mengikuti vaksinasi ratusan orang tetapi pemkab kab. Sidoarjo tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

PSP SPN PT. Ecco Indonesia menyalurkan bantuan santunan kepada anak Yatim dan Dhuafa

Selain itu, dalam rangka memperingati hari buruh nasional “May Day” yang bertepatan di bulan ramadhan PSP SPN PT. Ecco Indonesia menyalurkan bantuan santunan kepada 1500 anak yatim dan dhuafa di pendopo kab. Sidoarjo.

acara yang dihadiri oleh Bupati kab. Sidoarjo Gus Muhdlor, Sugiono S.H (selaku ketua DPC SPN kab. Sidoarjo) beserta jajarannya, Kadisnaker kab. Sidoarjo DR. Fenny Apridawati, serta karyawan PSP SPN PT. Ecco Indonesia.

Kegiatan sosial santunan anak Yatim dan Dhuafa yang dilakukan PSP PT. Ecco Indonesia SPN Kab. Sidoarjo

Gus Muhdlor mengapresiasi agenda tahunan PT. Ecco Indonesia, Gus Muhdlor menyampaikan,”Kedepannya dari pada menyewa tempat untuk bakti sosial, dinas pemerintah kab. Sidoarjo siap membantu dan memfasilitasi acara tersebut di pendopo kab. Sidoarjo”.Pungkasnya.(Andreas/Hasim)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.