Sosialisasi Pembentukan FPRB di Sidoarjo

0 311

*Sosialisasi Pembentukan FPRB diSidoarjo*

Pilar Cakrawala~Sidoarjo, Sosialisasi Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana(FPRB) yang digelar pada hari Selasa 29 Juni 2021 diruang Jupiter, hotel The Sun Hotel Sidoarjo Jl. Pahlawan no 1 Sidoarjo ini merupakan moment penting di Kab. Sidoarjo. BPBD beserta jajarannya menggelar acara tersebut dihadiri oleh beberapa kalangan yang mewakili serta nara sumber dari berbagai kalangan.

Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 60 peserta yang dipilih dari beberapa organisasi kemasyarakatan, elemen masyarakat juga dari instansi pemerintahan, TNI dan Polri serta para pemerhati kebencanaan.Acara yang dibuka oleh Sekretaris Daerah kab. Sidoarjo Drs. Achmad Zaini Mm,menekankan kepada peserta rapat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat dan memberikan arahan untuk tetap waspada dalam segala kemungkinan bencana yang akan terjadi maupun yang sudah terjadi di Wilayah Sidoarjo.

Beliau menyampaikan,”Dalam waktu dekat ini saya menghimbau seluruh jajaran saya agar tidak melakukan perjalanan ke luar kota karena peningkatan pandemi dikota Sidoarjo maupun kota-kota lainnya diJawa Timur maupun luar Jawa Timur sampai semua kondusif dan terkendali.”Ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Sidoarjo, Ir Dwijo Prawito MT,  menyampaikan kepada peserta maupun undangan,”Saya tekankan pentingnya suatu wadah untuk menjembatani serta memberikan tanggung jawab kepada semua element masyarakat yg hadir dalam penanganan, penanggulangan serta mengurangi resiko bencana yang ada pada wilayah kab. Sidoarjo. Untuk itu, diperlukannya wadah sebagai jembatan sinergitas antara semua elemen masyarakat mulai dari lintas batas sektor dan unsur pemerintahan, akademisi, organisasi kemasyarakatan, media komunikasi serta terlibat nya pelaku dunia usaha dalam menangani pra dan pasca bencana. Sehingga diharapkan secara cepat, tepat dan terkoordinir dalam pengurangan resiko bencana di wilayah kab Sidoarjo.”Ungkapnya.

Selain sekretaris daerah serta kepala pelaksana BPBD Sidoarjo adapun beberapa nara sumber yang hadir di acara ini juga memberikan arahan serta metode – metode Pengurangan Resiko Bencana pada prabencana maupun pasca bencana untuk dijadikan edukasi kepada masyarakat umum agar kejadian bencana di wilayah Kab. Sidoarjo bisa diminimalisir korban jiwa maupun benda yang terdampak bencana.

Disela acara yang dimoderasi oleh Aris Widyawoko juga salah satu penyiar radio Suara Sidoarjo ini mengenalkan semua nara sumber seperti Gatot Subroto SgScm perwakilan dari BPBD JATIM, dan juga ketua komisi D DPRD kab Sidoarjo H. Zamroni Haq, ketua TSBL (Ahli kebencanaan Jawa Timur) UNITOMO Surabaya De. Hendro Wardoni Msi, Ketua peneliti Indonesia Tangguh, Catur Sudarmono Spa.Mse , dan juga dari kalangan pengusaha Ibu Deny Rachmawati selaku pemilik dari DNY Skincare yang juga sebagai pemerhati lingkungan dan kebencanaan di wilayah Jawa Timur dan juga Sidoarjo khususnya, dan yang terakhir ketua FPRB Sidoarjo M Sholehuddin Sag.Mad yang juga akrab dipanggil mbah Darmo dikalangan relawan Sidoarjo.

Sosialisasi Forum Pengurangan Resiko Bencana ini rencana akan dikukuhkan bulan depan di Sidoarjo ini menyepakati susunan pengurus yang nantinya juga bisa bersinergi dalam pengurangan resiko bencana di wilayah Sidoarjo. Diharapkan dapat membuat kebijakan serta berkolaborasi pada unsur unsur lapisan masyarakat agar pra bencana dan pasca bencana teratasi dan tertangani sesuai dengan harapan bersama.(Rudy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.