Warga Dukuh Karang Ploso Kelurahan Bangkingan , Melakukan Sedekah Bumi

0 644

Pilar Cakrawala ~ Surabaya |Ratusan warga Dukuh karang Ploso kelurahan bangkingan kecamatan Lakarsantri surabaya Jawa timur ,antusias mengikuti arak-arakan gunungan hasil bumi yang digelar mengelilingi desa setempat, Minggu (10/7/2022).

Dalam sedekah bumi para warga per RT akan membawa suguhan diatas tempeh berisi makanan dan buah-buahan yang nantinya akan dibagi-bagikan kepada seluruh warga.

Selain itu juga ada tumpeng raksasa berisi buah-buahan. Setelah membagikan hasil bumi, para warga akan mengadakan ritual di sebuah punden.

Dalam ritual ini diarak gunungan hasil bumi. Setelah diarak keliling desa, gunungan hasil bumi tersebut menjadi rebutan warga. Mereka menyakini akan mendapatkan keberkahan rejeki dan terhindar dari mara bahaya jika mendapatkan gunungan tersebut.

Indra fajar selaku Lurah bangkingan mengatakan,”acara ini terselenggara atas wujud rasa syukur warga masyarakat kelurahan bangkingan khususnya RW2 atas rezeki yang sudah di berikan oleh Tuhan yang maha kuasa, Acara ini merupakan acara rutin tahunan karena 2 tahun kemarin masih masa pandemi covid-19,” Ujarnya.

Indra Fajar Selaku Lurah Bangkingan

 

Fajar menambahkan,”Ini tahun awal warga melakukan sedekah bumi ,tentunya dengan persiapan persiapan berkordinasi dengan instansi terkait mengenai protokol kesehatan,”ucapnya.

Tahun depan insyaallah akan lebih meriah lagi, karena sedekah bumi ini di bangkingan ada 3 hari ini di RW 2, bulan 9 di RW 1 dan RW 3.

“Ini sudah tradisi atas wujud rasa syukur warga atas nikmat,kesehatan yang di berikan tuhan yang maha kuasa,” pungkasnya.

Sumali (65) juru kunci pesarehan eyang Gusti Wongso Negoro yang mengabdi sebagai juru kunci mulai tahun 1993,mengatakan, kegiatan sedekah bumi ini dilakukan tiap tahunnya, untuk pandemi covid 19 tahun lalu hanya di gelar secara sederhana kecil kecilan.

Sedekah bumi di lakukan bertujuan mensedekahi bumi yang di tempati Hal itu dilakukan untuk melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui segala bentuk hasil bumi.

Fauzi (46)salah satu warga yang mengikuti acara sedekah bumi nampak mempersiapkan sedekahnya mulai pagi dan sangat antusias dalam mengikuti acara ini,” tahun lalu tidak semeriah ini karena adanya pandemi covid-19. Semua warga pun sangat senang dalam mengikut acara sedekah bumi ini khususnya di dukuh karang Ploso kelurahan bangkingan ini,”ucapnya.(Bs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.