Bersih Desa di Dukuh Karang Ploso Kelurahan Bangkingan, Suguhan Sedekah Hasil Bumi Jadi Rebutan

0 97

Surabaya~www.pilarcakrawala.news|Meski dikenal sebagai kota besar, namun Surabaya masih mempunyai tradisi untuk menghormati desa. Tradisi ini biasanya digelar di pinggiran Surabaya yang berbatasan dengan daerah lain.

Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat . Di jawa khususnya, ritual bersih desa telah dilakukan berabad-abad lamanya. Ritual bersih desa di jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam.

Salah satunya warga Dukuh karang Ploso kelurahan bangkingan kecamatan Lakarsantri surabaya Jawa timur yang masih menjaga tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat dengan menggelar kegiatan bersih desa, Minggu (16/7/2023).

Dalam sedekah bumi para warga per RT akan membawa suguhan diatas tempeh berisi makanan dan buah-buahan yang nantinya akan dibagi-bagikan kepada seluruh warga.

Dalam kegiatan ini nampak hadir Anggota komisi D DPRD Surabaya Siti Maryam, Anggota Komisi B DPRD Surabaya Dr John Thamrun,SH,MH, Lurah Bangkingan,ketua RW 2 Dukuh Karangploso, pengurus RT Dukuh Karang Ploso,koramil,Polsek beserta jajarannya,dan warga masyarakat.

Dyah Listyorini S.Psi. selaku lurah Bangkingan dalam pidatonya mengatakan,”acara ini terselenggara atas wujud rasa syukur warga masyarakat kelurahan bangkingan khususnya RW2 atas rezeki yang sudah di berikan oleh Tuhan yang maha kuasa, Acara ini merupakan acara rutin di tiap tahunnya “,ujarnya.

Dyah Listyorini S.Psi. selaku lurah Bangkingan

 

“Ini sudah tradisi warga masyarakat Bangkingan atas wujud rasa syukur warga atas nikmat,kesehatan yang di berikan tuhan yang maha kuasa,” pungkasnya.

Ketua RW 2 Dukuh Karang Ploso Riyanto yang akrab di panggil Cak Polo dalam pidatonya mengucapkan Ribuan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga terselenggara acara ini baik bantuan moral maupun materil.

“Upacara tradisional sedekah bumi ini sudah menjadi salah satu bagian yang sudah menyatu dengan masyarakat yang tidak akan mampu terpisahkan dari budaya Jawa,yang menyiratkan kelestarian yang khas bagi masyarakat Jawa khususnya warga karang Ploso RW 2”,ujarnya.

Ketua RW 2 Dukuh Karang Ploso Riyanto yang akrab di panggil Cak Polo.

 

“Saya juga berharap dengan diadakan acara sedekah bumi ini, kedepan warga semua dapat hidup rukun,keberkahan,sehat selalu dalam lindungan Allah SWT dan warga guyub rukun selalu menjaga silaturahmi”,pungkasnya.(Bs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.