Cak Sapari Seniman Ludruk Legendaris Asal Surabaya, Tutup Usia

0 152

Pilar Cakrawala ~Surabaya|Berita duka datang dari dunia hiburan. Kepulangan Cak Sapari menjadi duka yang dalam bagi banyak seniman dan penggemarnya.

Cak Sapari dengan nama asli Sapari Suhendra pemain ludruk legendaris asal Surabaya dikabarkan meninggal dunia, Kamis (15/9/22).

Pria yang lahir pada 5 Juli 1948 ini, terjun di dunia seni ludruk Surabaya dengan bersolo karir. Cak Sapari mulai dikenal publik saat tergabung dalam grup ludruk Kartolo CS.

Kartolo CS berusaha menghibur masyarakat dengan suara mereka di radio RRI, mereka antara lain Kartolo, Basman, Sapari, Sokran, Blonthang, dan Tini (istri Kartolo).

Grup kesenian ludruk Kartolo CS selanjutnya membentuk satu grup kesenian yang diberi nama grup kesenian karawitan Sawunggaling Surabaya.

Pada 5 tahun terakhir ini, Cak Sapari kesehatannya mulai menurun akibat penyakit diabetes yang Ia derita. Bahkan Ia dikabarkan sering keluar masuk rumah sakit. Hingga pagi ini, Kamis, 15 September 2022.

Berpulangnya Cak Sapari juga mendapatkan perhatian khusus dan ucapan bela sungkawa pun datang dari para seniman dan berbagai pihak. Tak terkecuali Cak Kartolo, salah satu teman sejawat Cak Sapari.

“Tiga hari ini saya selalu ke rumah Cak Sapari. Beliau sudah tidak bisa ngomong, cuma lihat-lihat saja biasanya. Maklum, selain sakit, usianya juga sepuh, sudah 80 tahunan,” ujar Cak Kartolo sapaan akrabnya.

Cak Kartolo menambahkan Cak Sapari sebagai soosk Tangguh yang tak tergantikan. Bahkan, lima tahun terakhir saat kondisinya sedikit sehat Ia masih menyempatkan diri bermain panggung dan juga bermain film lebar yang berjudul Lara ati dan pada Kamis (15/9/2022) ini film Lara Ati yang diperankannya bakal tayang di bioskop seluruh Indonesia,imbuhnya.(BS)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.