Menjelang Peringatan Hari Pahlawan 10 November Forkopimda Melakukan Prosesi Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Surabaya

0 127

Surabaya~www.pilarcakrawala.news|Pertempuran 10 November di Surabaya tahun 1945 salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.Sehingga Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya menjadi dasar peringatan Hari Pahlawan.

Menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 November, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan prosesi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Surabaya, Rabu (9/11/2022).

Sebanyak tiga Taman Makam Pahlawan (TMP) dikunjungi hari ini, berurutan. Seremonial ziarah tabur bunga yang didahului upacara digelar di TMP Kusuma Bangsa. Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memimpin upacara yang diikuti puluhan orang dari Forkopimda dan Pemkot Surabaya.

Acara di kemas sangat sederhana, seluruh peserta upacara berjalan ke makam dan menaburkan sejumlah keranjang bunga. Penaburan bunga, diiringi alunan lagu Gugur Bunga.

Di sela sela kegiatannya Eri Cahyadi mengatakan,“Hari ini kami dengan Forkopimda ke makam pahlawan untuk mengenang jasa para pahlawan dan berdoa semoga semangat para pahlawan akan ada tetap di dalam hati arek-arek Suroboyo dan kita mendoakan agar semua amal ibadah para pahlawan, diampuni semua dosa dan diberi tempat mulia di sisi Tuhan,” kata Eri.

Eri berharap, tabur bunga yang digelar rutin menjelang Hari Pahlawan, bukan hanya seremonial. Tapi, sanggup terus mengingatkan semangat perjuangan para pahlawan untuk ditiru Forkopimda.

“Karena dengan tabur bunga ini akan ada semangat yang kita akan ingat, perjuangan para pahlawan. Forkopimda Surabaya akan meneruskan perjuangan para pahlawan untuk memberikan tujuan satu, kemerdekaan masyarakat Surabaya dari segala hal,” terangnya.

Eri juga berjanji, bersama Forkopimda, akan bekerja habis-habisan memberantas kemiskinan dan kebodohan untuk warga Surabaya.

“Kemiskinan, kebodohan, tujuannya mewujudkan kesejahteraan, pemuda, mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan semangat para pahlawan ini lah isnya Allah kami Forkopimda akan berjuang habis-habisan seperti para pahlawan, untuk memberikan yang terbaik bagi warga Kota Surabaya,” pungkasnya.(Bs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.