PELAJAR SD DAN GURU GELAR AKSI TEATRIKAL 10 NOVEMBER

0 399

Pilar Cakrawala ~ Surabaya,SDN Ketabang 1 Surabaya, Rabu 10 November 2021 memperingati sekaligus merefleksikan peristiwa 10 November dengan menggelar aksi teatrikal di halaman sekolah. Para guru dan pelajar SD ini melakukan aksi teatrikal di Hari Pahlawan.

Para pelajar SD beserta guru melakukan aksi teatrikal dengan semangat. Baju pejuang hingga baju tentara sekutu dikenakan agar teatrikal berjalan lebih hidup.

Aksi treatikal siswa siswi serta Guru SDN Ketabang 1 Surabaya

Teatrikal memperlihatkan pada saat pemerintahan Jepang berhasil dipukul mundur, kemudian rakyat merampas dan melucuti tentara jepang. Muncul tentara sekutu yang di boncengi nica di Surabaya.
Terjadi pertempuran tiga hari dengan insiden tewasnya brigadir A.W.S mallaby, yang membuat tentara sekutu murka dengan mengeluarkan ultimatum agar rakyat Surabaya yang bersenjata menyerahkan senjata dengan bendera putih dan tangan diangkat diatas kepala pukul 06.00 pagi tanggal 10 November 1945.

Kepala SDN KETABANG 1 Hj Siti Rahayu S.Pd, M.Si menjelaskan,”Aksi teatrikal itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan 10 November.”Jelasnya.

Hj. Siti Rahayu menambahkan,”Dengan aksi ini, siswa siswi diharapkan selalu ingat perjuangan para pahlawan, Sehingga mampu menumbuhkan rasa kebangsaan yang besar.” Tambahnya. (Bs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.