TOURING WISATA BPPD DAN DISPORAPAR, SARANA DONGKRAK WISATA SIDOARJO DI HARI JADI KABUPATEN SIDOARJO KE 163

0 676

Pilar CakrawalaSidoarjo, Kabupaten Sidoarjo tahun 2022 telah menginjak usia ke 163 tahun yang jatuh pada tgl 31 Januari. Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Bersama Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (DISPORAPAR) Kab. Sidoarjo menggelar Touring Wisata.

Touring Wisata di gelar pada hari Minggu (30/01/2022) , sejak pukul 07.00 WIB ratusan peserta city tour tampak memadati halaman pintu barat Gedung Olah Raga (GOR) Sidoarjo tepatnya di depan stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Tampak 150 kendaraan roda 4 dari berbagai komunitas mobil yang ada di kabupaten Sidoarjo dari jenis sedan, SUV, hingga Jeep yang tergabung dalam Meet Up Car Community ( MUCC ) juga pelaku pelaku pariwisata dari hotel, resto, akademik, Bumdes, UMKM, Perbakin, HPI, dan Media.

Sekretaris BPPD Kabupaten Sidoarjo Bapak Ahmadi Subekti,EC juga sebagai ketua perhimpunan hotel, resto, Indonesia Sidoarjo (PHRI) sekaligus menjadi panitia dalam acara ini mengungkapkan bahwa konsep event dengan menggandeng komunitas memungkinkan peningkatan aspek ekonomi dalam bidang kepariwisataan.

” Sidoarjo ini kan selama ini domain yang di bangun adalah kota UMKM, padahal UMKM itu harusnya menjadi sub sistem dari industri kepariwisataan, hal ini yang akhirnya teman teman di BPPD mencoba membuka wacana semua stakeholder supaya paham bahwa semua pembangunan itu sebenarnya melekat di industri kepariwisataan.” Jelas Ahmadi.

Sekretaris BPPD kab. Sidoarjo Bapak Ahmadi Subekti,EC (kaos putih) saat di wawancarai jurnalis Pilar Cakrawala

 

” Harapannya nanti setiap event yang kita gagas akan membuka wacana bahwa potensi kepariwisataan Sidoarjo salah satunya adalah event itu yang terpenting, dan event itu akan mendatangkan banyak perhatian dari segala pihak.” tambahnya.

Sementara Kepala Disporapar Kabupaten Sidoarjo Djoko Supriyadi mengatakan ,” Kegiatan ini adalah sebuah kepedulian teman teman semuanya untuk mengangkat potensi wisata Sidoarjo, destinasi wisata Sidoarjo.” ucapnya.

” Saya sangat bangga dan cukup apresiatif , dan ini momentumnya hari jadi Sidoarjo, jadi kita pelan dan pasti inshaallah kita kembali ke posisi normal, dan kita harus mulai dari sekarang sehingga dunia pariwisata yang sempat terpuruk di beberapa tahun kemaren karena pandemi kita bangkit kembali dari titik awal sekarang ini, kita viralkan semua destinasi wisata di Sidoarjo.” imbuhnya.

Bapak Djoko Supriyadi Kepala DISPORAPAR Kab. Sidoarjo melepas secara langsung rombongan peserta touring wisata yang di kawal oleh polresta Sidoarjo

Djoko Supriyadi melepas secara langsung rombongan peserta touring wisata yang di kawal dari polresta Sidoarjo. melalui Afriansyah, Polresta Sidoarjo berpesan rombongan untuk tetap safety, mematuhi protokol kesehatan dan juga mematuhi rambu rambu lalu lintas.

Arakan peserta rombongan tour wisata terlihat sepanjang hampir 2 km, berjalan menuju destinasi wisata lumpur Lapindo dan candi pari di kecamatan Porong dan terakhir menuju Yussar fishing & Playground yang berada di desa Kalidawir kecamatan Tanggulangin.

Luki dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan juga pengurus di BPPD sebagai tour guide menjelaskan bahwa Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo telah memberikan layanan gratis bus wisata untuk mengantar wisatawan keliling secara gratis atau yang lebih dikenal dengan City Tour.

Di sediakan 2 bus dengan kapasitas 25 kursi untuk siswa sekolah dan juga masyarakat umum di utamakan masyarakat Sidoarjo. Luki juga komunikatif dalam Menjelaskan dan memberi pengetahuan tentang obyek wisata yang menjadi destinasi Touring Wisata ini.

Sampai di destinasi terakhir Yussar Fishing & Playground, peserta touring wisata di manjakan dengan makanan dan minuman dan juga souvenir yang di jual oleh pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Yussar Fishing & Playground yang baru berdiri kurang lebih 7 bulan ini juga menyediakan aneka wahana permainan untuk anak-anak seperti rumah balon, juga perahu kayuh dengan design beraneka bentuk hewan, juga live music yang di sediakan di hari jumat, sabtu dan minggu , serta kolam pancing dan juga pacuan kuda.

Tiket masuk ke wisata Yussar Fishing & PlayGround, pengunjung cukup membayar Rp. 8.000,- untuk weekday sedangkan weekend sebesar Rp. 10.000,-, sedangkan wahana yang tersedia di patok harga antar Rp. 15.000 sampai dengan Rp. 25.000.

Penyerahan Bingkisan Kepada manajemen Yussar & Playgroun Bapak Ahmad Agung (Kaos hitam)

Manajemen Yussar Fishing &Play Ground Ahmad Agung mengucapkan terima kasih kepada disporapar dan BPPD atas sinergitas yang ada ,” terima kasih dengan adanya kerjasama ini, harapan besar untuk bisa memberikan dampak ekonomi terutamanya masif dan menyeluruh.” Ucapnya.

Dalam kesempatan ini masing-masing komunitas peserta touring wisata juga memberikan ucapan Selamat atas hari jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke 163 tahun dan memberikan cindera mata untuk di berikan kepada Bupati Sidoarjo yang di wakili oleh BPPD bapak Suyudi.

Perwakilan komunitas memberikan cindera mata untuk di berikan kepada Bupati Sidoarjo yang di wakili oleh BPPD bapak Suyudi.

Dalam sambutannya bapak Suyudi menyampaikan bahwa touring ini merupakan acara dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Sidoarjo ke 163, ” kegiatan ini tujuannya juga memperkenalkan daerah daerah atau desa yang ada di Sidoarjo dapat di kenal secara luas oleh masyarakat baik yang berada di kabupaten Sidoarjo maupun yang berada di luar Sidoarjo, dengan harapan ke depan banyak kunjungan kunjungan wisata baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.” Pungkasnya.(As,Ndreas,Nm,Bs,Hs.red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.