KPU KABUPATEN PASURUAN GELAR SOSIALISASI PKPU NOMOR 6 TAHUN 2024

0 125

Pasuruan~www.pilarcakrawala.news|Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan menggelar sosialisasi Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2024, tentang Penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih dalam Pemilihan Umum ( Pemilu ) 2024, pada Jumat (05/04/2024).

Bertempat di Aula KPU Kabupaten Pasuruan di Jalan Sudarsono no. 1 Pogar kecamatan Bangil kabupaten Pasuruan, acara dibuka secara langsung oleh Ketua KPU kabupaten Pasuruan Zainul Faizin.

Dalam sambutannya, Zainul menjelaskan hasil pemilu legislatif ada 3 yaitu penetapan perolehan suara, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih.

” Saat ini kita masih di tahapan penetapan perolehan suara yang sekarang masih terjadi sengketa di mahkamah konstitusi (MK) sedangkan untuk penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih KPU menunggu surat dari MK yang yang diperkirakan mungkin akhir April sampai awal Mei apakah di kabupaten Pasuruan itu terjadi sengketa PHPU atau tidak.” jelasnya.

lanjut Zainul menyampaikan bahwa,” mekanisme /tata cara penghitungan kursi dan calon terpilih, hal ini sebenarnya pengetahuan umum yang wajib dipahami para peserta pemilu tetapi kenyataan di lapangan banyak peserta pemilu atau caleg yang belum paham tentang ini.”

Zainul mengaku senang karena partisipasi masyarakat kabupaten Pasuruan di Pemilu 2024 tergolong tinggi rata-rata 87, 80% , melebihi target partisipasi yang di patok Oleh KPU RI yakni sebesar 77,5%.

Sedangkan penjelasan mengenai sosialisasi PKPU nomor 6 tahun 2024 di paparkan oleh Fatimatus Zahro dari divisi teknis penyelenggaraan KPU kabupaten Pasuruan.

Dalam paparannya Fatimatus Zahro menjelaskan secara rinci dan detail cara penghitungan kursi dan calon terpilih yang masih sama metodenya dengan Pemilu tahun 2019 yakni dengan metode Sainte Lague di mana perolehan suara masing-masing partai politik di masing-masing dapildi bagi dengan bilangan ganjil 1,3,5,7 dan seterusnya.

Di kesempatan ini di singgung juga mengenai tahapan Pilkada 2024 yang telah di launching KPU RI pada Minggu (31/03/2024).

Acara yang di hadiri perwakilan partai politik dan awak media ini berjalan dengan lancar dan di tutup dengan berbuka puasa bersama.(As).

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.