ZULKIFLI HASAN LAKUKAN PELETAKAN BATU PERTAMA REVITALISASI PASAR TEMATIK WISATA CHENG HOO

0 107

Pasuruan~www.pilarcakrawala.news|Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendagri) Dr. {HC) Zulkifli Hasan, SE., MM melakukan peletakan batu pertama pembangunan / revitalisasi pasar tematik wisata Cheng Hoo pada Rabu (31/01/24).

Didampingi plt. sekretaris jendral Kemendagri Drs. Suhanto, MM., Staff khusus Kemendagri bidang hubungan antar lembaga Drs. Syailendra, MM., Pj. Bupati Pasuruan dr. Andriyanto, SH., M.Kes., serta Asisten Administrasi Sekda Provinsi Jawa Timur Dr. Ahmad Jazuli, SH., M.Si. prosesi peletakan pasar tematik Wisata Cheng Hoo yang berlokasi di jalan Surabaya – Malang no 18 petung sari, Petung Asri kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan berlangsung meriah.

Menurut Bang Zul panggilan akrab Mendagri ini, pembangunan pasar tematik di tahun ini ada 2 , di Lampung dan di kabupaten Pasuruan Jawa Timur, ” Di Indonesia ada 540 kabupaten lebih , setelah kita lihat dan nilai maka tahun ini kabupaten Pasuruan mendapatkan dana 60 miliar rupiah untuk pembangunan pasar tematik.” ujarnya.

” Pasar ini nanti akan memadukan unsur pasar tetapi juga sebagai pusat destinasi wisata andalan Jawa Timur, ada pasarnya, ada budayanya , ada tempat wisatanya yang dapat menunjang pengembangan tujuan wisata di kabupaten Pasuruan khususnya dan Jawa Timur umumnya.” jelas bang Zul.

Zulkifli Hasan menargetkan di bulan September 2024 akan selesai pembangunan revitalisasi pasar tematik Cheng Hoo, untuk itu Mendagri memohon doa dan dukungan seluruh masyarakat kabupaten Pasuruan dan Jawa Timur agar bisa selesai tepat waktu dan dampak yang baik bagi masyarakat.

Lokasi Pasar tematik wisata Cheng Hoo sendiri sangat strategis yang berada di jalur utama Surabaya Malang, selain itu dekat dengan exit tol Pandaan, dan beberapa obyek Wisata seperti Taman Safari, Air terjun Kakek Bodo, Finna Golf, Taman Dayu, Cimori, Kebun Raya Purwodadi juga Jalur menuju TNBTS.

Hal ini yang berdampak bertambahnya kunjungan wisatawan ke pasar wisata Cheng Hoo, Pj. Bupati Pasuruan Andiyanto menyampaikan untuk perlunya di lakukan perbaikan, penataan dan pengaturan pasar wisata Cheng Hoo beserta sarana prasarana pendukungnya.

Dalam sambutannya di acara peletakan batu pertama pembangunan pasar tematik wisata Cheng Hoo, Andriyanto menyampaikan, ” terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementrian perdagangan Republik Indonesia terkait kabupaten Pasuruan memperoleh dana 60 miliar rupiah untuk revitalisasi pasar wisata Cheng Hoo.” tuturnya.

” pasar Cheng ho ini akan menampilkan sensasi yang ditawarkan berupa keunikan desain bangunan dengan atmosfer Tiongkok yang instagramable yang berintegrasi dengan budaya lokal kabupaten Pasuruan, adapun layanan yang ditawarkan secara secara one stop service menghadirkan etalase produk unggulan hasil karya UMKM kabupaten Pasuruan, food court, tempat ibadah sebagai wisata religi, pusat informasi kabupaten Pasuruan, panggung budaya serta standar layanan publik yang ramah disabilitas.” papar Andriyanto.

Andriyanto berharap dengan revitalisasi pasar tematik wisata Cheng ho akan menambah daya tarik wisata meningkatkan omset pedagang, terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat serta meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Pasuruan.(As)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.